Rabu, 23 Oktober 2019 |
Ekonomi

Hidup Serba Kekurangan, Nenek Fa Naing Belum Tersentuh Bantuan Pemerintah

Senin, 29 Juli 2019 17:30:27 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Potret keluarga miskin masih terlihat di Desa Sungai Ular, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Mirisnya lagi ada sejumlah warga tak mampu hingga kini belum pernah merasakan bantuan dari pemerintah.

Nenek Fa Naing, warga RT 03 Desa Sungai Ular, Kabupaten Tanjabtim ini menjadi salah satu potret warga miskin di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Betapa tidak, nenek berusia 70 tahun yang tinggal bersama seorang anaknya itu harus tetap bertahan hidup di bawah garis kemiskinan, meski mencari nafkah dengan mengambil upah dari mengocek pinang. Sejak ditinggal sang suami, kehidupannya kian berat, lantaran dirinya harus banting tulang untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Kondisi rumah yang menjadi tempat tinggal nenek lanjut usia ini cukup memprihatinkan. Rumah berdinding papan beratapkan seng dan daun yang Nipah itu sudah tidak layak dihuni.

Nenek Fa Naing menuturkan, telah sejak lama dirinya sangat berharap mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah. Namun hingga kini harapan itupun terus pupus, meski sejatinya pada tahun 2019 ini Desa Sungai Ular mendapat bantuan berupa bedah rumah tidak layak huni untuk warga miskin.

Pengakuan mengejutkan juga datang dari seorang warga Desa Sungai Ular yang berada di RT 05, Juli. Ia menuturkan, program bedah rumah untuk orang tidak mampu di Desa Sungai Ular diduga tidak tepat sasaran.

"Banyak warga yang mampu secara ekonomi mendapatkan bantuan tersebut. Padahal mereka memiliki kebun dan bahkan ada yang mempunyai rumah di Kota Jambi," katanya.

Juli menjelaskan, meskipun dirinya tergolong keluarga yang tidak mampu, namun ia tak berkecil hati jika tidak mendapatkan bantuan. Menurutnya, yang terpenting warga lain yang benar-benar membutuhkan bantuan bedah rumah seperti nenek amik bisa mendapatkannya.

"Saya berharap Pemerintah Daerah setempat dapat mengevaluasi sistem penjaringan bantuan bedah rumah di Desa Sungai Ular, Kecamatan Muara Sabak Timur agar kedepan dapat tepat sasaran," harapnya.

 

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top