Kamis, 21 November 2019 |
Advetorial

Hj Yusniana: Beri Perempuan Tingkatkan Peranan Dalam Pembangunan

Selasa, 21 April 2015 19:19:22 wib

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Ketua TP-PKK Provinsi Jambi sekaligus Penasehat Dharma Wanita Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri,MM mengajak seluruh pemangku kepentingan daerah untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada kaum wanita untuk berperan serta dalam pembangunan.

Pernyataan ini disampaikannya pada peringatan Hari Kartini ke-136 yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Setda Provinsi Jambi, Senin (20/4) bertempat di ruang pola kantor gubernur. Hadir pada kesempatan ini Ketua DWP Provinsi Jambi Lovia Ridham Priskap, Ketua DWP Setda Provinsi Jambi Prof.Dr. Hj.Anistati Haviz Husaini.

Disampaikan Hj.Yusnianan bahwa wujud nyata peran wanita tersebut adalah dengan mengisi kemerdekaan bangsa ini dalam bidang keahliannya masing-masing. “Kita kaum wanita patut berbangga, peran wanita dalam pembangunan di Negara ini telah nyata.Kita mengetahui ada wanita yang menjadi Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota, Jenderal dan beragam profesi lainnya.Salah satu langkah yang kita lakukan adalah dengan memberikan kesempatan pendidikan yang lebih luas, pelayanan kesehatan yang lebih baik dan pemberdayaan ekonomi kaum wanita, sehingga mereka mmapu mandiri secara ekonomi untuk mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga”jelasnya.

Sejalan dengan upaya mendorong peningkatan peran wanita dalam pembangunan, Hj.Yusniana menjelaskan bahwa kaum wanita sendiri harus mampu mengoptimalkan apa yang telah diakui public dan tidak kalah dari kaum pria. “Namun jumlah kaum wanita yang berperan aktif ditengah masyarakat masih kecil. Kondisi ini dapat dilihat dari skor indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender yang belum menggembirakan, baik pada tataran nasional maupun daerah” jelasnya.

Dijelaskan oleh Hj.Yusniana bahwa sebagai bentuk penghormatan kepada wanita para pejuang bangsa ini, Negara telah menetapkan Raden Ajeng Kartini sebagai symbol perjuangan kaum wanita. Perayaan Hari Kartini tidaklah semata-mata hanya mengakui Raden Ajeng Kartini sebagai satu-satunya pejuang wanita, namun perjuangannya melalui pendidikan, telah membuka mata kaum wanita Indonesia untuk bahu-membahu dengan kaum pria, bersama-sama mewujudkan kemerdekaan bangsa ini. “Penghargaan yang diberikan kepada KArtini bukan hanya merayakaan hari lahirnya saja,penghargaan yang hakiki adalah bagaimana kita bisa melanjutkan perjuangan mereka dan mewujudkan cita-cita para pahlawan tersebut”katanya.

Hj.Yusniana juga memberikan apresiasi kepada DWP Setda Provinsi Jambi yang memaknai hari Kartini yang diisi dengan kegiatan lagu daerah dan pentas seni.Melalui kegitan ini diahrapkan semakin mengenalkan budaya Jambi dan mampu membangkitkan kecintaan kepada budaya daerah khususnya budaya Melayu Jambi, serta mampu mendorong berkembangnya industry kreatif.

“Melalui pengembangan budaya daerah, diharapkan mampu mendukung geliat perekonomian daerah menuju PRovinsi Jambi yang ekonominya Maju, Aman, Adil dan Sejahtera. Melalui kegiatan ini diahrapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan menangkal budaya negative dari luar seiring arus globalisasi yang pesat ini, sehingga budaya kita dapat terjaga dan lestari”ungkapnya.(jambidaily.com/HMS/MAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top