Rabu, 13 November 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Hj Yusniana Kunjungi Anak Penderita Bocor Jantung di Jakarta

Kamis, 04 Juni 2015 09:39:24 wib
ilustrasi bocor jantung (google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Ditengah kesibukanya, mengikuti pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) dan Pameran Dekranas dan Dekranasda dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35 Dekranas di Jakarta, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri membesuk anak asal Provinsi Jambi yang dirawat di Rumah Sakit (Jantung dan Pembuluh Darah) Harapan Kita, Jakarta, karena menderita penyakit jantung bocor.

Dua orang anak Provinsi Jambi yang menderita jantung bocor yang dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta tersebut adalah : 1. Putri Cabila Deva, umur 1 tahun 5 bulan, menderita jantung bocor dan kelainan fungsi jantung. Penyakit yang diderita anak kedua dari pasangan Anwar Wahyudi (28 tahun) dan Eki Novita (27 tahun) Diketahui sejak Putri berumur 6 bulan.

Berdasarkan penjelasan kedua orangtua Putri, gejala awal yang dialami Putri adalah berat badan tidak naik-naik dan hilangnya nafsu makan, sehingga kedua orangtua yang berdomisili di Skip 2 Broni, Kota Jambi ini membawa anaknya untuk diperiksa oleh dokter anak. Dari pemeriksaan itulah, Putri ketahuan mengidap jantung bocor dan kelainan fungsi jantung.

Kedua orangtua Putri yang bekerja sebagai penjual bakso bakar di Benteng, Kota Jambi ini mengungkapkan, kalau sakit jantung bocor dan kelainan fungsi jantung yang diidap Putri kambuh, Putri mengalami sesak napas, dan karena mengalami kondisi seperti itu, Putri sudah 2 kali masuk PICU di RSUD Raden Mattaher, Jambi.

Karena penyakit jantung itu pula, Putri mengalami keterlambatan pertumbuhan. Jika biasanya, anak seusia Putri saat ini sudah bisa jalan, Putri belum bisa berjalan.

Sebelumnya, pada Desember 2014, Putri telah menjalani kontrol pertama di Rumah Sakit Harapan Kita.

Putri dan kedua orangtuanya datang ke Rumah Sakit Harapan Kita didampingi oleh Elvian, pegawai Dinas Kesehatan Kota Jambi, dari Seksi Jaminan.

Elvian mengatakan, pengobatan putri ke Rumah Sakit Harapan Kita menggunakan fasilitas Jamkesda, dan dana transportasi dari Pemerintah Kota Jambi.

2. Nurjanah, umur 14 tahun, anak keempat dari pasangan Suratman (44) tahun dan Sovia (35 tahun), asal dari Paal 2 Tembesi, Kabupaten Batanghari.

Suratman dan Sovia menjelaskan, Nurjanah yang saat ini kelas 6 SD di Tembesi ini menderita jantung bocor sejak lahir, bawaan lahir.

Pengobatan Putri dan Nurjanah ke Rumah Sakit Harapan Kita dibantu oleh orang kaya asal Provinsi Jambi yang tidak mau disebutkan namanya.

Sudah hampir 2 bulan Nurjanah dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita. Nurjanah sudah selesai dioperasi, sedangkan Putri dijadwalkan akan dioperasi pada tanggal 9 Juni 2015 ini.

Yusniana memberikan motivasi kepada anak penderita jantung bocor dan kelainan fungsi jantung dan kepada orangtuanya. Tidak hanya itu, Yusniana juga memberikan bantuan pribadi bagi orangtua putri dan Nurjanah.

Yusniana menyatakan, dirinya datang melihat langsung kedua anak Provinsi Jambi tersebut karena rasa prihatin atas penyakit yang diderita Putri dan Nurjanah.

Yusniana mengatakan, selama ini Nurjanah berobat ke rumah sakit di Muara Bulian dan tidak bisa diobati di sana.

"Tetapi, kita ketemu dengan Bapak yang satu ini (penyandang dana), langsung dibawa ke Jakarta dan dioperasi. Kita berterima kasih sekali, tadi kita lihat, orangtuanya sangat senang dengan bantuan tersebut. Ini sudah yang ke-3 orang dan 2 orang lagi akan dioperasi," ujar Yusniana, Rabu malam (03/06), usai membesuk keduanya

Yusniana mengungkapkan, pengobatan Putri dari dana Samisake, melalui dana BPJS. "Untuk Putri, Kamis (4 Juni 2015), akan diadakan konsultasi dengan dokter, diperiksa kembali, tanggal 9 Juni dijadwalkan untuk dioperasi," lanjut Yusniana.

"Siapa tau ada yang lain nanti yang sakit, Bapak tersebut sudah menyatakan, siapapun orangnya, akan dibantu. Semoga Bapak yang membantu dipanjangkan umur, dimudahkan rezeki, dan usahanya tetap sukses," jelas Yusniana.

Orangtua Putri dan Nurjanah mengucapkan terimakasih banyak kepada Yusniana atas perhatian dan bantuannya dalam pengobatan anaknya, serta berharap agar anaknya cepat sembuh.(jambidaily.com/HMS/MUS)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top