Selasa, 25 Februari 2020 |
Ekonomi

"Hoax" Palu Arit pada Pecahan Uang Baru, BI Jambi Gelar FGD

Kamis, 12 Januari 2017 15:56:54 wib
Uang pecahan rupiah emisi 2016

JAMBIDAILY EKONOMI-Ditengah sejumlah "berita hoax" yang menimbulkan kontroversi terkait uang rupiah tahun emisi 2016, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jambi menggelar Forum Group Diskusi (FGD).

FGD bersama Badan Koordinasi Pemberantasan Rupiah Palsu (Botasupal), akademisi, media dan tokoh masyarakat, Kamis (12/01/2017) di ruang Kajanglako BI Jambi.

Dari rilis yang disampaikan Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jambi, V Carlusa, ada sejumlah isu dalam bentuk "Hoax" yang beredar di media sosial sejak peluncuran pecahan uang rupiah baru emisi 2016.

"Issue Hoax, menyatakan uang baru memuat gambar Palu Arit.  Padahal itu merupakan rectoverso, yang merupakan gambar saling mengisi berupa logo Bank Indonesia sebagai unsur pengaman dari uang palsu,"jelas V Carlusa.

Dan bila rectoverso itu diterawang ke arah cahaya, maka terbentuk gambar yang beraturan membentuk ornamen lambang "BI" singkatan dari Bank Indonesia.

Tak hanya issue hoax palu arit saja, sejumlah issue yang berkembang di media sosial yang mengundang kontroversi ditengah masyarakat, perlu menjadi perhatian bersama untuk mensosialisasikan sesuai fungsi masing-masing.

Dia berharap, melalui hasil FGD ini akan menjadi masukan ke BI pusat dan dapat menjadi pengetahuan bersama untuk menangkal issue hoax terhadap rupiah yang merupakan salah satu jati diri bangsa.

Dari FGD yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB tersebut, berbagai saran, masukan dan dukungan untuk mencintai uang rupiah.(*)


Penulis/Editor   : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top