Senin, 27 Januari 2020 |
Ekonomi

Hore ... Pemprov Bantu Selesaikan Permasalahan Kabupaten/Kota

Minggu, 21 Agustus 2016 01:01:24 wib
Gubernur Jambi bersalaman dengan tokoh masyarakat Kota Sungaipenuh

JAMBIDAILY EKONOMI - Gubernur Jambi, H Zumi Zola menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kota dan Kabupaten. Namun semuanya, tergantung dari program dan ketersediaan anggaran yang dimiliki Provinsi.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Jambi, saat Halal bi Halal dan Silaturahmi Pembangunan Gubernur Jambi dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola Bersama Pemerintah dan Masyarakat Kota Sungai Penuh, di Ruang Pola Kantor Walikota Sungai Penuh, Sabtu 20 Agustus 2016 malam.

Zola menjelaskan, saat ini ada pekerjaan besar yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, yaitu Rancangan pembangunan Pelabuhan Muara Sabak dan Pelabuhan Ujung Jabung, Pengembangan bandara, termasuk pengembangan Bandara Depati Parbo Kerinci, Penambahan pasokan energi listrik untuk mengatasi seringnya pemadaman listrik di Provinsi Jambi, termasuk di Kota Sungai Penuh.

Dia mengaku sudah membicarakan permasalahan seringnya mati listrik di Provinsi Jambi dengan pihak PLN. "Ada dua permasalahan utama yang dihadapi oleh PLN, yakni kurangnya sumber energi listrik serta masih ada 300 transmisi yang dibutuhkan untuk penambahan pasokan energi listik di Provinsi Jambi.

Khusus untuk pembangunan 300 transmisi tersebut, Zola menghimbau masyarakat untuk bersedia melepaskan jika ada tanahnya yang dibutuhkan untuk pembangunan transmisi, yang akan dikompensasi sesuai dengan harga dan aturan yang berlaku.

Untuk pembangunan transmisi tersebut, Zola menyatakan, akan membentuk Satgas pembayaran lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan transmisi, yang terdiri dari pihak PLN, Pemda, TNI, Polri, dan Kejaksaan. "Saya mohon bisa didukung oleh Forkopimda Kota Sungai Penuh," harap Zola.

Menanggapi permohonan Walikota Sungai Penuh untuk penanggulangan banjir karena Sungai Penuh rentan banjir, Zola mengatakan akan berusaha membantu Kota Sungai Penuh. "Kalau bisa dibantu oleh Pemprov Jambi kenapa tidak," ujar Zola.

Selain itu permasalahan penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci ke Pemerintah Kota Sungai Penuh, Zola menyatakan bahwa dia sudah perintahkan staf untuk mengkaji permasalahan dan mencarikan solusi masalah tersebut.

"Permasalahan aset ini akan bisa selesai jika kedua pihak punya komitmen untuk menyelesaikannya," ungkap Zola.

Dikatakan, dalam penyerahan aset tersebut, ada konsekuensi-konsekuensi yang harus diterima, ada yang mengenakkan dan ada yang tidak mengenakkan. Tetapi ketika niatnya baik, untuk masyarakat, Insyaallah bisa diselesaikan dengan baik.

Mengenai Halal bi Halal, menurut Zumi Zola, merupakan tradisi yang sangat positif dengan tujuan untuk saling memaafkan dengan ikhlas. Dia berharap Halal bi Halal dan silaturahmi ini bisa berdampak positif terhadap pembangunan, terutama dalam sinergitas atau keterpaduan program pembangunan Kabupaten/Kota dengan Provinsi, serta mengharapkan agar pembangunan bisa dilaksanakan dengan fokus. (*)

Penulis : M Hutapea/Humas
Foto    : Roni
Editor  : E. Septimen Loethfi

KOMENTAR DISQUS :

Top