Rabu, 20 November 2019 |
Ekonomi

Hujan Tiba, Petani Karet Bergairah

Sabtu, 21 November 2015 11:45:58 wib
Petani karet (google.co.id)

JAMBIDAILY MERANGIN-Meski harga karet belum menunjukkan peningkatan harga, tapi dengan datangnya musim hujan membuat petani karet kembali bergairah, karena produksi karet warga meningkat.

"Meski harga karet masih dikisaran Rp.6 ribu per kilogram, tapi bila hasilnya banyak akan membuat petani kembali bersemangat. Kalau musim panas getah karet hampir tidak ada, maka tidak ada yang mau untuk motong, tapi kalau getahnya banyak, kami akan motong lagi,”ungkap salah satu petani karet di Merangin, Umar (34) kepada jambidaily.com.

Senada, petani karet lainya, Solihin (45), mengatakan cukup bersyukur dengan turunnnya musim hujan. karena hal itu dapat membuat produksi karetnya kembali meningkat.

‘’Mudah mudahan dengan musim hujan karet kembali subur, sehingga getahnya akan kembali banyak,” ungkapnya, Sabtu (21/11).

Dikatakannya, beberapa waktu lalu pohon karet di kebunnya nyaris tidak berdaun lagi. Karena mengalami gugur daun akibat musim kemarau.

Selain itu, getah yang didapat juga tidak banyak. Bahkan penurunan produksinya lebih dari separo bila dibandingkan pada hasil normal.

‘’Walau hujan kami tidak bisa motong (menyadap-red), tapi akan membuat karet kembali subur. Nanti akan membuat hasilnya lebih baik lagi,” jelasnya.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top