Selasa, 22 Oktober 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Ini Lho, Ada Budidaya Obat Diabetes di Tanjabbar

Jumat, 23 September 2016 02:04:07 wib
Budidaya Tanaman Yakon (ft:google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Anda merasa Putus asa dengan penyakit diabetes yang tak kunjung sembuh? Mungkin ada baiknya anda harus mencoba Yakon, tanaman insulin yang sangat membantu mengatasi penyakit kencing manis (Diabetes) secara alami.

Yakon yang memiliki nama Latin Smallanthus sonchifolia ini merupakan tanaman herbal yang memiliki ciri khas berumbi, batang dan bagian bawah berbulu tipis serta setiap daunnya selalu berpasangan berhadapan ketika tumbuh.

Tanaman langkah ini, dapat tumbuh di tempat lembab dan dataran rendah yang berada sekitar 1.000 mdlp di atas permukaan laut.

Tanaman obat yang konon berasal dari Tiongkok dan telah dikembangkan juga di Thailand itu,  saat ini tengah dibudidayakan oleh Babe, Warga RT 10, Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi.

"Ini dapat mengurangi kadar gula dan menurunkan darah tinggi,"terang Babe, baru ini kepada jambidaily.com.

Menurutnya, ambil beberapa lembar daun Yakon dan dibilas hingga bersih.  Setelah itu, daun-daun tersebut direndam dengan air panas, hingga airnya agak dingin dan berubah warna, minum air rendaman daun Yakon, jelas Babe.

"Pada dasarnya insulin mudah ditanam menggunakan sistem stek. Setelah itu bibitnya disiram dua kali sehari. Pengembangan benih saat ini  masih sulit ditambah Peralatan tani yang dak ada, kalau bisa pemkab bisa membantu kami membudidayakan obat diabetes ini,"harapnya.

Babe mengungkapkan, manfaat tanaman Yokon miliknya, mulai diminati penderita diabetes dari Tanjabbar, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Provinsi Riau.

"Satu paket, 30 lembar daun yakon kering dijual Rp 50 Ribu,"pungkasnya.(*)

Penulis   : Reza Hariyanto
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top