Senin, 14 Oktober 2019 |
Ekonomi - Wisata & Budaya

Inilah Tantangan Jambi Dalam RPJMN

Jumat, 15 Juli 2016 20:49:27 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola foto bersama usai Rapat Paripurna bersama DPRD Provinsi Jambi

JAMBIDAILY EKONOMI-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA mengemukakan bahwa Provinsi Jambi mendapat tantangan yang cukup berat dalam Renana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Dalam RPJMN 2015-2019, Pemerintah Pusat menargetkan Provinsi Jambi meningkatkan pertumbuhan ekonomi 8,9%, menurunkan angka kemiskinan 4,2%, serta menurunkan angka pengangguran sebesar 2,6% pada tahun 2019,"papar Gubernur dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dengan agenda, Pengambilan

Keputusan terhadap RanperdaInisiatif DPRD Provinsi Jambi, Penyampaian Tanggapan Pemerintah terhadap Ranperda tentang Pertanggunngjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2015, dan Penyampaian Penjelasan Gubernur jambi terhadap Ranperda tentang RPJMD Provinsi Jambi Tahu 2016-2021 dan Revisi RPJPD Provinsi Jambi Tahun 2005-2025, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat sore, 15 Juli 2016 sore.

Bila melihat kondisi capaian ekonomi makro nasional dan Provinsi Jambi saat ini, maka diambil kebijakan dalam memasang target ekonomi makro dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jambi Tahun 2016-2021, yakni pertumbuhan ekonomi 7,8%, inflasi 3,0%, persentase penduduk miskin 3,8%, Indeks Gini 0,27%, dan Indeks Williamson 0,35%, jelasnya dihadapan para wakil rakyat dan Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum yang turut hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Zola menyampaikan Kebijakan Umum Rancangan Akhir RPJMD yang telah mempertimbangkan perkembangan kondisi Provinsi Jambi lima tahun terakhir, permasalahan dan isu-isu strategis baik lokal, regional, nasional, dan internasional, serta janji politik dengan mempedomani RPJMN, RPJPD, dan Rancangan Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRW).

Selanjutnya, Zola menuturkan visi pembangunan Provinsi Jambi, visi Jambi TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera) 2021 yang diturunkan menjadi enam misi, yaitu:
1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel, dan partisipatif, yang
berorientasi pada pelayanan publik
2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan
gender
3. Menjaga situasi daerah yang yang kondusif, toleransi antar umat beragama, dan kesadaran hukum masyarakat
4. Meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh
penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (IPTEKIN) yang berwawasan lingkungan
5. Meningkatkan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur umum, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan
6. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ir.H.Cornelis Buston yang memimpin rapat paripurna tersebut mengatakan, 40 orang anggota DPRD Provinsi Jambi hadir dalam rapat paripurna itu, sedangkan 15 orang lagi tidak hadir.

Pada kesempatan tersebut, Cornelis Buston juga mengucapkan selamat bertugas kepada Danrem 042/Garuda Putih, Kol. Inf. Makmur, yang akan pindah tugas ke Samarinda dan naik pangkat menjadi Brigjen TNI.

Bahkan, Cornelis Buston juga memberikan kesempatan kepada Makmur untuk menyampaikan sambutan singkat salam perpisahan.(*)

Penulis    : Mustar Hutapea
Foto       : Kamarul Zaman
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top