Selasa, 24 September 2019 |
Wisata & Budaya

ISBI Aceh, Bawa Ketakutan Jika Tak Punya Handphone di Temu Teater Se-Sumatera

Senin, 29 Juli 2019 08:20:28 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Mahasiswa Prodi Seni Teater ISBI provinsi Aceh, turut datang ke Jambi membawa karya berjudul 'Nomophobia' pada Temu Teater Se-Sumatera, 2-4 Agustus 2019.

Dikutip dari laman id.wikipedia.org bahwa Nomofobia (bahasa Inggris: Nomophobia, no-mobile-phone phobia) adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke telepon genggam). Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010 di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163 pengguna telepon genggam. 

Studi tersebut menemukan bahwa 58% pria dan 47% wanita pengguna telepon genggam yang disurvei cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka "kehilangan telepon genggam, kehabisan baterai atau pulsa, atau berada di luar jaringan", dan 9% selebihnya merasa stres ketika telepon genggam mereka mati. Separuh di antara mereka mengatakan bahwa mereka gelisah karena tidak dapat berhubungan dengan teman atau keluarga mereka jika mereka tidak menggunakan telepon genggam mereka.

Seperti apa aksi kreatifitas yang disutradarai oleh Fani Dila Sari,?

"Nomophobia merajalela dan marak, Menggema antara tawa, marah dan isak, realitapun telah rusak, kepedulian sedang di uji, Rasa empati tidak lagi di hati, namun pada jari-jari latah bergaya 'selfie'. Manusia-manusia kota telah tercipta, terindividu pada khayalan kelabu. Dunia telah menjadi maya, Bisu dalam Pikiran Membatu," Keterangan Sinopsis yang diterima jambidaily.com (Kamis, 25/07/2019).

Menarik untuk disaksikan, Nomophobia dalam Temu Teater Se-Sumatera di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi, untuk waktu/jam pergelaran akan diinformasikan berikutnya.

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top