Selasa, 19 November 2019 |
Suaro Wargo

Istiqomah: Etika Berpakaian

Senin, 28 Mei 2018 05:21:59 wib
ilustrasi/Foto: islampos.com

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Di Zaman sekarang masalah etika di Indonesia mulai mengalami penurunan. Sebagian besar masyarakat Indonesia mulai mengabaikan etikanya. Kurangnya etika dipengaruhi oleh dunia luar, banyak anak-anak di zaman sekarang yang mengikuti dunia kebarat-baratan sehingga budaya Indonesia secara perlahan-lahan mulai menghilang. Etilka adalah sebuak refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma moral yang menentukan dan terwujud. Banyak di Daerah Indonesia sudah meninggalkan adat berpakaian menurut norma kesopanan, contohnya di Bali sudah mulai bebas dalam berpakain, Indonesia di kenal dengan budaya yang beretika baik dan sopan santun, tapi itu semua telah di pengaruhi dengan trend berpakaian yang sudah menyalahi aturan. Indonesia mayoritas beragama Islam di dalam agama islam di larang mengumbar aurat jadi hendaklah kita berpakaian menurut syariatnya, walau ada yang bukan beragama islam tapi hendaklah menaati aturan etika kesopanan agar terhindar dari kejahatan pelecehan. Di zaman sekarang banyak kejahatan dan pelecehan seksul di kerenakan semua itu tidak terlepas darai etika berpakaian seandainya kita berpakaian yang tertutup pasti itu semua akan terhindar dan tidak akan terjadinya kejahatan terhadap wanita di zaman sekarang.

Berpakaian yang sopan sebaiknya ditanamkan kepada anak-anak agara ia akan terbiasa sampai ia dewasa dan tanamkan di dalam dirinya untuk selalu menjaga etika berpakaian yang sopan. Didalam masyarakat awam berpakaian yang kekurangan bahan itu sangat tidak di bolehkan karena itu bisa menimbulkan suatu pemikiran yang cenderung ke arah yang negatif ,kebanyakan orang awam akan beranggapan bahwa wanita yang menggunakan pakaian kekurangan bahan itu wanita yang tidak benar dan di cap sebagain wanita penggoda.

Berpakaian merupakan kebutuhan pokok setiap manusia terlebih yang masih menganut adat timur yang masih kental dengan adat istiadatnya, setiap manusia dinilai dari cara ia berpakaian baik ia berpakaian baik pulak pandangan orang, jika ia berpakaian yang tidak baik atau kekurangan bahan maka buruk pula pandanagan orang terhadapnya. Berpakaian tak perlu mahal yang terpenting pantas untuk dipakai dan layak di pandang karena pakaian mahal belum tentu menjaman seseorang akan di nilai baik oleh masyarakat, terkadang pakain mahal juga tak pantas digunakan contohnya bikini, hotpen, dan dres mini yang tergolong tak layak di pakai untuk orang yang menganut adat timur dan bagi orang melayu.

Pakailah pakaian yang menurut norma dan tradisi yang berlaku ialah pakaian yang tertutup, maksud tertupup di sini berpakaian yang sopan tidak wajib berkerudung yang penting tidak menggunakan pakaian yang kekurangan bahan atau yang tidak sopan,. Selaian itu jangan memakai pakaian yang berlebihan karena itu dapat menimbulkan kesan atau pernilaian yang kurang baik misalnya menggunakan pakaian yang terlalu berlebihan akan menimbulkan suatu kesombongan yang terpenting berpakaianlah yang  bersih, rapi, dan sesuai dengan keadaan kita dan tidak mengurangi kesopanannya dan juga tidak kebesaran atau kekecilan.

Pakaian memiliki fungsi untuk menutup tubuh manusia. Tidak hanya itu saja kini pakaian telah menjadi kebutuhan bagi manusia, saat ini kita juga sering melihat pakaian di pasar, di mall, dan di butik yang memiliki model dan corak beragam yang ditawarkan agar menarik perhatian pelanggan terkadang kita sering kebingungan saat memilih gaya dan model yang lagi tren di zaman sekarang, tetapi yang terpenting saat memilih pakaian yang ingin duganaka hendaklah mengutamakan etika kesopanan dalam berpakaian. Contohnya jika kita seorang muslim yang ingin memakai dan membeli pakaian hendaklah yang diwajibkan sopan walaupun tidak berkerudung.

Saat ini banyak kita jumpai para gadis dan wanita yang tidak menutup aurat dengan bajunya sehingga dapat memicu atau memunculkan rangsangan atau hasrat kepada kaum laki-laki yang melihatnya. Ada banyak pilihan berpakaian yang tertutup dan sopan yang bisa di gunakan tanpa mengurangi kecantikan dan keanggunan para perempuan. Seharusnya pemerintah memberikan teguran dan hukuman bagi orang-orang yang mengumbar lekuk tubuhnya kerena itu dapat memicu kejahatan jadi hendak lah pemerintah memperhatikan itu semua dan menangulanginya.

Sesuaikan berpakaian dengan tujuan dan kondisi dilingkungan sekitar, contohnya jika ingin sekolah maka gunakanlah pakaian seragam sekolah bukan berpakaian untuk tidur, renang, kerja, dan lain-lain. Pakailah baju yang biasa-biasa saja tidak mengganggu aktifitas maupun kenyamanan orang lain dan tidak melanggar hukum negara dan hukum agama.

 

Ditulis oleh
Nama: Istiqomah
Kelas: 2b
Jurusan Matematika
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi
 

 

 

*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top