Jumat, 03 April 2020 |
Wisata & Budaya

Jalan Menuju Wisata Pantai Cemara Butuh Sentuhan Pembangunan Infrastruktur

Selasa, 23 Juli 2019 17:58:23 wib

JAMBIDAILY MUARA SABAK - Pantai Cemara objek wisata yang berada di Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), butuh sentuhan pembangunan sperti infrastruktur. Saat ini terkesan terabaikan, kondisi infrastruktur khususnya akses jalur darat menuju pantai tersebut kondisinya parah dan masih sangat memprihatinkan.

Padahal, obyek wisata yang satu ini memiliki panorama indah dan layak dipromosikan secara nasional. Namun masih sangat disayangkan tidak masih minimnya dukungan pembangunan infrastruktur jalan menuju objek wisata pantai cemara.

"Infrastruktur pendukung menuju pantai cemara sangat memprihatinkan. Selain itu jalannya juga sangat kecil, kondisi samping kanan dan kiri jalan juga masih bersemak, belum lagi kalau diguyur hujan maka jalan akan berubah menjadi lumpur dan sulit untuk dilintasi baik untuk kendaraan roda dua maupun pejalan kaki," kata Dedi salah seorang pengunjung pantai cemara.

Selain itu, kondisi beberapa jembatan yang harus dilalui juga tampak lapuk dan membahayakan wisatawan yang berkunjung. Sebelum sampai ke pantai pengunjung akan merasakan capek dan kelelahan duluan karena lokasi jarak tempuh yang lumayan jauh.

Selain persoalan infrastruktur, persoalan abrasi di pantai camara juga sangat memperhatikan kini, dipinggir lokasi pantai tersebut tampak pohon pohon cemara bertumbangan dan lapuk akibat dihantam abrasi.

"Harus segera diperbaiki, Pemerintah kita harusnya peka dalam menjaga kelestarian objek wisata pantai cemara ini," ucap dedi.

Hal senada juga diutarakan pengunjung pantai Cemara lainnya Fandi menuturkan, butuh sentuhan dari pemerintah agar pantai di Kecamatan Sadu itu dapat dikelola dengan baik. Sehingga ramai dikunjungi wisatawan dan dapat menambah pendapatan asli daerah.

"Kayaknya perlu sentuhan khusus dari pemerintah agar pantai cemara dapat dikelola dengan baik sehingga ramai dikunjungi wisatawan,"ungkap Fandi.

Sementara Kades Sungai Cemara, Sawaluddin mengatakan
Pantai Cemara merupakan kawasan penting bagi tujuan migrasi burung-burung pantai dari belahan bumi utara. Pantai yang berkedudukan di desa sungai cemara itu dijadikan tempat bermigrasi burung-burung dari Asia Timur dan Australia.

Setiap tahunnya, pengunjung pantai dapat melihat fenomena itu terutama pada bulan Desember hingga Mei ada puluhan jenis burung pantai dunia yang berterbangan di atas pantai Cemara.

"Saya berharap akses jalan menuju pantai Cemara segera dibenahi sehingga layak sehingga setiap pengunjung yang datang dapat merasakan kenyamanan melaluinya,"harap Sawaluddin.

 

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

 

KOMENTAR DISQUS :

Top