Senin, 27 Januari 2020 |
Nasional

Jokowi: Jalan Perbatasan Merauke-Jayapura Tersambung 85%

Senin, 29 Juli 2019 23:12:49 wib
Foto: Foto udara pemandangan jalan Trans Papua (Dok. Kementerian PUPR)

JAMBIDAILY NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim dari total jalan perbatasan dari Merauke - Jayapura sepanjang 1.098 kilometer, hingga akhir tahun 2018 sudah tersambung 919 kilometer. Capaian pembangunan ini sudah setara dengan 85% progres pembangunan. 

"Jalan selebar tujuh meter ini bagian dari 1.098 kilometer jalan perbatasan dari Merauke ke Jayapura, hingga Papua Nugini," kata Jokowi dalam akun Facebooknya menunjukkan foto pemandangan jalan dan pegunungan, Senin (29/7) 

Jokowi mengatakan keberadaan jalan, kendati masih berupa jalan tanah, tapi telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat perbatasan di Papua. Menurut jarak antarpusat ekonomi wilayah yang ditempuh berminggu-minggu dengan berjalan kaki, sekarang dalam hitungan hari setelah dapat dilintasi kendaraan. 

"Bahkan nantinya, semakin singkat dalam hitungan jam," kata Jokowi. 

Namun, ada beberapa ruas yang sudah terbangun sempurna alias sudah diaspal. Jalur yang sudah diaspal antara lain menghubungkan distrik Limarum dengan Kota Oksibil, antara lain ruas Sota - Erambu - Bupul sepanjang 111 kilometer sudah diaspal. Juga untuk ruas Bupul - Muting sampai Boven Digoel sepanjang 233 kilometer. 

"Tantangan pembangunan jalan di Papua tidak mudah karena kondisi alam, cuaca, dan material konstruksi yang terbatas," katanya


(hoi/hoi)/cnnindonesia.com

KOMENTAR DISQUS :

Top