Rabu, 23 Oktober 2019 |
Politik

Jokowi soal Menteri: Makin Banyak Nama, Makin Mudah Pilihnya

Minggu, 28 Juli 2019 23:22:26 wib
Presiden Joko Widodo mengatakan nama-nama calon yang akan menduduki kursi menteri di Kabinet Kerja jilid II sudah mulai masuk disodorkan ke mejanya. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

JAMBIDAILY POLITIK - Presiden Joko Widodo mengatakan nama-nama calon menteri yang akan menduduki Kabinet Kerja jilid II sudah mulai masuk.

Dia mengaku masih mengumpulkan nama-nama calon tersebut sehingga mempermudah langkahnya untuk menentukan pilihan nanti.

"Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon itu, dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan memilihnya akan menjadi semakin mudah," kata Jokowi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, seperti dilansir dari Antara, Minggu (28/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata, semakin banyak nama-nama calon menteri yang masuk maka akan semakin banyak alternatif dan lebih baik.

Menurut Jokowi Kabinet Kerja jilid II di pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin mendatang akan memiliki banyak warna dan diisi sosok berusia muda.

Dia berkata, pemilihan sosok-sosok berusia muda di pemerintahannya kelak bertujuan untuk menghadapi perkembangan dunia sangat dinamis, yang memerlukan energi ekstra dalam merespon permasalahan ke depan.

Jokowi menambahkan, pembahasan pembentukan Kabinet Kerja jilid II belum sampai terkait tahap perampingan jumlah menteri.

Sejumlah partai politik di barisan pengusung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu mengaku telah menyetorkan nama-nama untuk dijadikan menteri. Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan pihaknya telah menyerahkan sembilan nama.

"Kalau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut 10 (nama), Partai NasDem 11 (nama), PPP sembilan (nama). Sembilan nama itu kita sudah serahkan ke Pak Jokowi," ujar Arsul di Sentul International Convention Center (SICC) Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7).

Tak tanggung-tanggung, bahkan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku telah mengajukan 40 nama kadernya kepada Jokowi untuk menjadi menteri. OSO menyerahkan nama-nama itu saat bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (24/7).

"[Pak Jokowi] tanya sama saya, 'Pak Oesman, kira-kira usul Pak Oesman berapa itu anggota yang bakal diusulkan (menjadi menteri)?'. Saya bilang, 'Enggak banyak Pak, 40'," kata OSO di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

 

(ANTARA/gil)/cnnindonesia.com

KOMENTAR DISQUS :

Top