Selasa, 19 November 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Ka Kemenhan RI Jambi: Membangun Nilai Luhur Kebangsaan pada Generasi Muda

Jumat, 20 Oktober 2017 21:03:37 wib
Ka Kemenhan RI (tengah) foto bersama panitia dan perwakilan alumni PCTA Provinsi Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Ditengah pesatnya teknologi dan era global saat ini, sangat penting terus memupuk nila-nilai luhur kebangsaan untuk generasi muda.

"Memupuk nilai-nilai kebangsaan akan membangkitkan spirit kemandirian dan kreatifitas yang merupakan nilai luhur bangsa kita,"papar Kepala Kantor Kemenhan RI Perwakilan Jambi, Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito , SIP, saat bincang-bincang dengan jambidaily.com, usai melihat kesiapan pelaksanaan kegiatan Pembinaan Bela Negara dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Alumni PCTA PRovinsi Jambi, Jumat sore (20/10/2017) di Hotel Ratu Kota Jambi.

Nilai-nilai luhur kebangsaan ini perlu dirawat, dipupuk seiring pertumbuhan era teknologi global ditengah kekayaan sumber daya alam kita.

"Untuk kegiatan Pembinaan Bela Negara dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Alumni PCTA, besok Sabtu (21/10/2017) kita melibatkan ratusan pelajar dan mahasiswa dari 24 SLTA dan 7 Perguruan Tinggi," papar perwira yang selalu terkesan ramah ini.

Sementara itu Panitia Pelaksana, Mayor Laut Edward Faisal, menyampaikan, kegiatan Pembinaan Bela Negara dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Alumni PCTA ini merupakan kegiatan reguler setiap tahun yang terus dilaksanakan sejak 2012 hingga saat ini.

"Sebelumnya para alumni PCTA telah mengikuti program Parade Cinta Tanah Air,"paparnya.

Kegiatan PCTA sendiri, sejak tahun 2012 hingga 2015 hanya melibatkan pelajar SLTA.  Namun sejak 2016 dan 2017 kita telah melibatkan para mahasiswa.

"Melalui kegiatan ini kita harapkan dapat membentuk karakter generasi muda dalam rangka menanggulangi gerakan Radikalisasi dan anti Pancasila,"jelas perwira melati satu ini.

Untuk itulah kegiatan ini digelar dalam bentuk sarasehan dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya, seperti dari MUI, Danrem 042/Gapu, Dinas Pariwisata, dan Sospol Provinsi Jambi.

"Kita melibatkan 100 peserta dari Alumni PCTA,"pungkasnya.

Sekedar informasi, PCTA ini merupakan kegiatan tahunan dari Kementerian Pertahanan RI yang bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan jiwa Cinta Tanah Air serta kesadaran Bela Negara untuk para pelajar dan mahasiswa.

Dalam pelaksanaan kegiatannya, para peserta PCTA mengikuti lomba dengan materi, bidang bakat dan keterampilan, bidang pengetahuan umum, bidang system pertahanan dan keamanan rakyat semesta, bidang Bela Negara, bidang IT dan narkoba. (*)


Editor  : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top