Selasa, 25 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

Kartunis Jambi, Edi Dharma Tiga Terbaik Dunia diajang National Travel Cartoon 2019

Minggu, 13 Januari 2019 23:08:37 wib
Foto: Facebook.com @Edi Dharma

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Sungguh memberikan kebanggaan untuk Jambi khususnya karena karya kartunis satu ini berhasil terpilih sebagai tiga terbaik dari 150 kartunis dunia yang berasal dari 35 negara.

"150 Kartunis dunia terdiri dari 35 negara yang turut serta dalam Pameran Kartun Lintas Negara di Klantan Kota Bharu Malaysia, Terimakasih kepada semua yang mendukung saya dalam bekarya selama ini," Tulis Edi Dharma di Akun Media Sosial Facebook, (Minggu, 13/01/2019) sekira pukul: 22.10 WIB.

Postingan tersebut mendapat respon positif dan berbagai ucapan atas prestasi Edi Dharma, tanpak memenuhi kolom komentar para warganet.

Kepada jambidaily.com ketika dikonfirmasi menuturkan tidak menyangka berhasil meraih hasil tersebut karena ini adalah kali keempatnya mengikuti ajang bertaraf Internasional

"Tidak menyangka saja, sudah 3 kali ikut kompetisi kartun dunia baru yang ke 4 ini tembus juara selebihnya partisipan saja. Kemarin sudah diberitahu sekitar 5 hari yang lalu, namun malam ini mendapatkan kabar resmi," Tutur Edi Dharma (Minggu, 13/01/2019).

Dalam penjelasannya, Total ada 360 karya kartun dari 110 kartunis dari seluruh dunia yang panitia terima. Diantaranya Aljazair, Argentina, Afghanistan, Azerbajin, Austria, Brasil, Bulgaria, Kuba, Cina, Siprus, Kroasia, Indonesia, Iran, Italia, Mesir, Maroko, Malaysia, Makedonia, Myanmar, Norwegia, Rusia, Turki, Polandia, Peru, Portugal, Rumania, Serbia, Singapura, Ukraina, Uruguay, dan Uzbekistan.

Sebagian besar dari Indonesia sebanyak 24 kartun, Cina (23), Turki (13), dan Iran (11). Sisanya dari Malaysia dan India. Nah...Edi Dharma ialah kartunis Jambi yang menjadi salah satu peserta dalam ajang National Travel Cartoon 2019 (Pameran Kartun Internasional), 20 Januari – 20 Maret 2019 di Balai Kartun Rossem (BKR), Malaysia.

Lalu seperti apa harapan dan rencananya kedepan, dia tetap ingin memasyarakatkan kartun  "Memasyarakatkan kartun sebagai media demostrasi dan kritik positif untuk kehidupan yang lebih baik. Jika ditanya Rencana, tetap kritis dengn skill selama hayat masih dikandung badan," Ungkapnya.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top