Selasa, 24 September 2019 |
Kesehatan & Olahraga

KASAD Buka Kejurnas Judo Kartika Cup XII Tahun 2019

Jumat, 26 Juli 2019 14:14:32 wib

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII Tahun 2019, bertempat di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Kejuaraan Nasional dimulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Juli 2019 diikuti tak kurang 602 atlet dari 28 provinsi. Pada Kejurnas Judo ini juga diikuti oleh  atlet-atlet penghuni Pelatnas  untuk berebut juara sekaligus predikat terbaik di Indonesia.

Peserta Kejurnas Judo kali ini dibagi beberapa kategori yaitu Cadet umur sampai dengan18 tahun dengan peserta 131 orang, Junior 19 sampai 21 tahun peserta 184 orang,  Senior 21 tahun keatas peserta 263 orang. Masing-masing mempertandingkan 8 kelas dan juga  dipertandingkan pula Nageno-Kata untuk putra dan Yuno-Kata untuk Putri, dengan orserta kata 24 peserta.

Dalam sambutannya Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan bahwa kejuaraan nasional ini merupakan kesempatan bagi yang sudah punya prestasi targetnya adalah untuk memperoleh poin agar bisa masuk  PON maupun Pelatnas.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan saah satu manfaat kejuaraan ini bukan semata-mata kejuaraannya tetapi pengalamannya, bagaimana cara berlatih, bagaimana bertanding itu yang membuat kita akan berkembang.

Selanjutnya dalam keterangan persnya Kasad menyampaikan "sepanjang pengetahuan saya pertandingan ini merupakan even yang memberikan pengalaman. Tentunya mempunyai target masing-masing, ada yang target PON atau Seagames yang penting pengalaman. Bagi saya pertandingan ini tidak penting siapa yang juara dan siapa yang tidak, tapi sharing pengalaman dari senior kepada junior, kalau benar-benar diakomadasi akan mencetak lebih banyak petarung atlit di komunitas yang lebih luas seluruh Indonesia dari semua kelas baik Cadet, Junior maupun Senior," pungkasnya.

Bagi Atlit Pelatnas Judo yang tengah dipersiapkan menuju Seagames Manila 2019 keikut sertaannya merupakan sebagai ajang pemanasan  sebelum turun di level internasional.

Sesuai konfirmasi PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) seluruh atlet pelatnas Seagames akan turun sebagai salah satu sarana ujicoba sebelum nanti bertanding di Filipina. Dan sangat mungkin juga terjadi promosi bagi atlit diluar Pelatnas yang menang dari atlit Pelatnas, dan degradasi atlet Pelatnas yang kalah dari atlit diluar pelatnas, seperti yang terjadi pada Asian Games lalu.

Kartika Cup ini kejuaraan yang poinnya paling besar di Indonesia sehingga diikuti mayoritas  Pengda dan untuk Kejurnas Judo ini juga sebagai seleksi PON XX  2020 di Papua nanti.(Pendim 0731/KP).

KOMENTAR DISQUS :

Top