Senin, 09 Desember 2019 |
Nasional

Kata Ketua DPR soal Usul Pembentukan Pansus 22 Mei

Sabtu, 15 Juni 2019 10:36:27 wib
Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Tsarina/detikcom)

JAMBIDAILY NASIONAL - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi usulan pembentukan Pansus 22 Mei yang datang dari anggota Fraksi PKS Aboe Bakar Al-Habsyi. Menurutnya, saat ini kasus kerusuhan 22 Mei 2019 sedang ditangani kepolisian. 

"Proses penyelidikan oleh Polri sedang berjalan. Menurut saya, serahkan dan percayakan proses itu pada Polri," kata Bamsoet kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Bamsoet mengatakan proses hukum kasus itu pun dilakukan secara transparan oleh polisi. Politikus Golkar itu meminta agar semua pihak percaya kepada Polri.

"Toh, semua sudah terbuka secara gamblang," tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Fraksi PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) terkait kerusuhan 22 Mei 2019. Hal ini disampaikan Aboe Bakar dalam rapat paripurna DPR.

"Kami usul bentuk Pansus 22 Mei. Anggota keluarga mengalami kebuntuan proses hukum serta mereka yang mengalami akses hukum dan informasi," kata Aboe Bakar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pembentukan Pansus 22 Mei itu merupakan usulan yang patut dipertimbangkan. Namun ia mengembalikan hal tersebut ke mekanisme di DPR.

"Saya kira kan usulan dari anggota, sesuai dengan mekanisme yang ada sebetulnya saya pikir itu merupakan satu usulan yang baik. Karena kita ingin semuanya ada kejelasan, bagaimana latar belakang, siapa yang melakukan, siapa yang menjadi korban-korban, kerugiannya seperti apa," ucap Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).

"Saya kira itu sebenarnya baik, tapi sangat tergantung tentu pada mekanisme yang ada di DPR sendiri," imbuh dia.

 

(tsa/tsa)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top