Senin, 09 Desember 2019 |
Peristiwa

Kekurangan 3000-an Pegawai, Batanghari Bakal Terima CPNS ???

Jumat, 29 April 2016 10:59:13 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY PERISTIWA-Kekurangan pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Batanghari, telah mengajukan E-formasi kepada Kemenpan RB untuk melakukan penerimaan CPNS 2016.

"Ya, Insya Allah mudah-mudahan tahun ini akan ada penerimaan, sesuai dengan rencana yang telah kita diajukan dalam bentuk E-formasi ke Kemenpan-RB. Berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja, kita kekurangan 3 ribu lebih pegawai,"papar Kepala BKPPD Batanghari, M Rifai SP ME, kepada sejumlah awak media, Kamis 28 April 2016.

Hingga saat ini, pihak BKPPD masih menunggu keputusan dari Kemenpan RB.  BKPPD juga akan menyesuaikan untuk penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Daerah, dengan konsep-konsep Nawacita.

"Artinya, sesuai dengan konsep Nawacita tersebut, yakni dalam hal prioritas pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, dan infrastruktur. Mudah-mudahan, Kabupaten Batanghari sesuai dengan harapan kita, akan dapat melakukan penerimaan CPNS," Kata M.Rifa'i.

Dijelaskanya, formasi yang diajukan pada E-formasi  berkisar 3.600 orang. Dari konsep Nawacita tersebut, artinya Kabupaten Batanghari tidak banyak lagi fungsional umum. Tetapi adalah fungsional tertentu yang berdasarkan analisis beban kerja dan analisis jabatan

"Kita belum bisa memastikan, apakah tahun ini ada penerimaan CPNS atau tidak. Karena, kita masih menunggu keputusan dari Kemenpan RB,"jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Batanghari hingga saat ini masih dibantu oleh tenaga Kerja Sukarela (TKS), dan sisanya dibantu oleh Kategori dua (K2), dan dalam Kategori K2 tersebut yang sudah terdata lebih kurang berjumlah 125 orang. Namun, hingga saat ini belum dilakukan pengangkatan sebagai PNS.

"Karena, kebijakan Aparatur Sipil Negara ini, tidak terlepas dari kebijakan pusat. Untuk itu, saya selaku kepala BKPPD Batanghari akan membantu Bupati dalam kontek manajemen Aparatur Sipil Negara, dan ini semua tidak terlepas dari aturan-aturan dari Pemerintah Pusat." Ujarnya.

Untuk diketahui, menurut informasi yang berhasil diperoleh dari BKPPD Batanghari melalui data EPPNS, bahwa jumlah PNS di Kabupaten Batanghari saat ini berjumlah 5.702 PNS. Sementara itu, kekurangan PNS di Kabupaten Batanghari yang paling dominan adalah dari tenaga kesehatan (medis) dan tenaga pendidik (Guru).(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top