Kamis, 23 Januari 2020 |
Ekonomi

Keuangan Ini Wajib Dijaga Saat Lebaran

Kamis, 16 Juli 2015 06:30:37 wib
Ilustrasi uang pecahan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

JAMBIDAILY EKONOMI-Mendekati hari Lebaran, banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai dari  membeli kebutuhan Lebaran, seperti  makanan, baju,  kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya. Untuk itu ada baiknya uang gaji serta THR yang Anda dapatkan, Anda kelola sesuai dengan pos-pos kebutuhannya masing-masing.

Pos keuangan apa saja yang wajib Anda persiapkan menjelang Lebaran? Tips berikut bisa jadi panduan:
 
1.    Pengeluaran Mudik

Berbicara tentang Lebaran, tentu tidak lepas dari tradisi yang ada didalamnya. Salah satu tradisi yang tidak pernah absen ketika menjelang Lebaran adalah mudik. Mudik, Tradisi pulang kampung yang menjadi ritual tiap tahunnya saat Lebaran.

Menjelang hari H inilah banyak dari Anda yang disibukkan dengan persiapan yang harus Anda lakukan. Mulai dari membeli tiket sampai dengan membeli semua yang Anda perlukan saat mudik.

Mencatat dan menganggarkan semua yang Anda perlukan baik itu dana maupun barang, salah satu cara yang dapat membantu dan memudahan Anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya menjelang mudik.

Karena itu ada baiknya Anda menghitung berapa banyak dana yang harus Anda keluarkan. Anggarkan semuanya dengan baik dan teliti. Jangan sampai pengeluaran untuk mudik, justru menguras tabungan Anda.

2.    Tunjangan Hari Raya

Berbagi adalah salah satu cara kita mensyukuri hidup yang kita miliki. Menjelang Lebaran banyak cara yang dapat Anda lakukan.

Mulai dari memberikan zakat dan Infaq bagi yang membutuhkan atau bisa juga memberikan THR pada orang-orang yang bekerja dirumah Anda. Sudah sepatutnya, Anda menyisihkan dana yang Anda miliki untuk mereka.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih pada mereka karena telah membantu Anda dan keluarga Anda selama ini, bayangkan jika mereka tidak ada untuk membantu, akan  begitu merepotkan Anda mengurus semuaya sendiri.

Siapkan dana THR sebulan sebelum idul fitri. Ada baiknya jika Anda memberikan THR 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Tulislah setiap nama pada setiap amplop untukk memudahakan Anda pada saat membagikannya. Mulai dari PRT, security, driver, tukang kebun bahkan ataupun petugas kebersihan sampah di perumahan Anda.

3.    Bingkisan

Moment Lebaran adalah saatnya Anda berbagi, entah berbagi kepada sanak saudara, orangtua, atau bahkan tetangga rumah Anda. Untuk itu ada baiknya Anda menyiapkan dana untuk pos ini juga.

Mulailah menghitung berapa banyak sanak saudara atau tetangga yang akan Anda beri bingkisan pada saat Lebaran tiba. Anggarkan berapa dana yang akan dikeluarkan untuk pos ini.

4.    Salam Tempel

Satu lagi tradisi yang khas saat Lebaran adalah salam tempel. Salam tempel adalah tradisi memberikan uang kepada sanak saudara. Tradisi ini telah menjadi turun temurun di Indonesia. Mereka yang telah bekerja wajib memberikan uang kepada sanak saudara.

Kisaran uang yang diberikan juga bervariatif. Bisa dengan uang pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, atau Rp10 ribu. Untuk penukaran sendiri Anda bisa memanfaatkan jasa penukaran uang yang di bank ataupun orang-orang yang menyediakan jasa serupa.

Ada baiknya Anda melakukan penukaran uang di Bank, agar uang yang Anda terima terjamin keasliannya. Berapapun jumlah nominal yang Anda berikan, sesuaikan dengan kemampuan dana yang Anda miliki

5.    Zakat, Infaq Dan Sedekah

Dari semuanya, yang terpenting dan pertama kali harus Anda lakukan adalah, memenuhi kewajiban Anda, yaitu mempersiapkan dana untuk zakat atau infaq yang akan Anda berikan bagi mereka yang membutuhkan.

Karena sifatnya wajib, sudah sepatutnya Anda tidak melupakan pos penting ini. Sisihkan dana untuk pos ini terlebih dahulu sebelum Anda menganggarkan dana untuk pos-pos lainnya.

Rencanakan Semuanya Dengan Baik

Dengan mengalokasikan setiap dana pada posnya masing-masing tentu akan membantu Anda mengatur keuangan Anda secara terperinci. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat membantu Anda agar tidak kehabisan uang atau “bangkrut” pasca Lebaran.

Rencanakanlah semua dengan baik dan bijak lah menggunakan setiap uang yang Anda dapatkan, baik dari gaji bulanan, THR, maupun bonus tahunan Anda. Satu lagi,  Jangan lupa sisihkan untuk tabungan, untuk masa depan Anda. Selamat Mencoba!(Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top