Selasa, 12 November 2019 |
Jurnal Publik

Komitmen SKK Migas-KKKS, Membina Insan Pers Jambi yang Semakin Kompeten dan Bermartabat

Kamis, 17 Oktober 2019 09:04:27 wib
Andi Ari Pangeran (Kiri) dan Mursyid Sonsang (Kanan) /Media Gathering, Kabupaten Kerinci (Oktober 2019)/Foto: Hendi Fresco

JAMBIDAILY JURNAL - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terus membuktikan komitmennya berkontribusi memajukan daerah yang menjadi titik ekplorasi dan produksi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) khususnya Jambi, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

SKK Migas wilayah Sumbagsel bersama KKKS Jambi, yaitu PetroChina International Jabung Ltd, Mandala Energy, MontD'Or Oil Tungkal Ltd, Pertamina Asset 1 Jambi Field, Repsol, PHE Jambi Merang, dan lainnya bukan hanya DBH (dana bagi hasil) Migas saja, Industri hulu migas ternyata memiliki banyak kontribusi bagi kemajuan daerah seiring program-program pokok yang dicanangkan oleh pemerintah daerah, khususnya di sektor-sektor: ekonomi, budaya, lingkungan, pendidikan, kesehatan. Misalkan kontribusi hulu migas pada penguatan perekonomian masyarakat, penguatan pendidikan, pembinaan kelompok tani atau UMKM, sosial dan lainnya.

Dalam catatan jambidaily.com, diantaranya seperti: PetroChina International Jabung Ltd, Serahkan Beasiswa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Barat; PetroChina International Jabung Ltd Bersinergi Dengan Pemerintah Dalam Pengembangan Hutan Kota; Kelompok UMKM binaan PetroChina di Tanjung Jabung Barat; SKK Migas-PT PBMSJ 'Membangunkan Si Nyonya Besar' Pertamina EP Bajubang; SKK Migas - MontD'Or Oil Tungkal, Serahkan Program TJS/PPM Fasilitas Sarana Air Bersih; SKK Migas Bersama MontD'Or Oil 'Goes To School' Ke SMA Negeri 4 Merlung; Pupuk Semangat Kreatif, Pertamina Hadir Berikan Senyum Tinah dan Para Ibu-Ibu di Kampung Legok; Pertamina EP Jambi, Terus Aktif Berinovasi di Tengah Gencarnya Para Penambang Minyak Liar; Sinergitas Ketahanan Energi, Pertamina EP Asset 1 dan Media; Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, Turut Peduli Melawan Stunting di Pelosok Jambi; Program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT) Suku Anak Dalam (SAD) binaan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd; serta masih banyak lagi.

Kemudian SKK Migas Gelar LCC bersama Diknas Provinsi Jambi; Peduli Pendidikan, SKK Migas Rutin Melakukan Kuliah Umum; SKK Migas Gandeng Solar Turbines, Penghematan Capai Rp550 Miliar; SKK Migas-KKKS se-Sumatera Dorong Keterlibatan UKM dalam Kegiatan Hulu Migas; serta lainnya. Begitu banyak kontibusi bagi setiap sisi pembangunan daerah, selain terus meningkatkan Produksinya dalam memenuhi kebutuhan negara akan minyak dan gas sangat terlihat juga upaya untuk dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan daerah.

Secara level lokal Provinsi Jambi, SKK Migas terletak dibeberapa titik, yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) adalah pihak yang memiliki Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Republik Indonesia (dalam hal ini SKK Migas), merupakan Badan Usaha Tetap atau Perusahaan Pemegang Hak Pengelolaan dalam suatu Blok atau Wilayah Kerja yang memiliki hak untuk melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia.

Hal ini tentunya akan mendorong penciptaan multiplier effect atau efek berganda yang lebih besar disamping efisiensi dan percepatan yang diharapkan. Lokasi operasi hulu migas yang berada di daerah-daerah remote juga dapat menciptakan dampak positif berupa percepatan pengembangan daerah, termasuk pengembangan sarana dan fasilitas pendukung layanan jasa angkutan udara mulai dari perintis sampai bertumbuh seperti daerah-daerah operasi yang sudah ada saat ini.

Selain pembangunan sarana juga penguatan berbagai sisi di masyarakat secara umum, SKK Migas juga tidak mengalihkan perhatiannya pada insan pers dengan cara membentuk Forum Jurnalis Migas (FJM) bertujuan dapat terus menjalin silaturahmi dalam rangka lebih memasyarakatkan Industri hulu migas.

Pelatihan, Workshop, dan Lomba-lomba khas Jurnalistik menjadi bagian yang tidak terlewatkan dalam setiap kegiatan Media Gathering dan Field Trip maupun diadakan secara terpisah. (Tahun 2016) media gathering di Batam-Kepulauan Riau, dilaksanakan lomba karya tulis tentang industri migas; (Tahun 2017) SKK Migas KKKS dan FJM Ajak Wartawan "Perangi" Hoax; Media Kompetisi kategori tulisan terbanyak dan kategori kualitas; (Tahun 2018) Media Gathering di Bangka, SKK Migas bersama FJM Sumatera selatan dan Jambi hadirkan pemateri yaitu Eka Prihartono seorang photografer Freelance profesional, Diberikan Ilmu Dasar Photografi dan Praktek. Uniknya, Media Gathering di Bangka, terdapat kegiatan Amazing Jurnalist Race yang akan mengasah kekompakan wartawan dan lainnya. 

Lalu di tahun 2018, digelar Media Kompetisi Lomba Photography SKK Migas, Peserta juga Mendapat Workshop oleh seorang photografer Freelance profesional, Hendi Fresco di kota Jambi; kemudian terbaru tahun 2019 Media Gathering di Kabupaten Kerinci, Pelatihan dasar Drone (Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak, adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh-red) dan seminar serta lomba jurnalistik

"Ada tiga kunci wartawan itu, pertama Silaturahmi, contohnya kegiatan yang dilaksanakan SKK Migas saat ini adalah bentuk Silaturahmi. Kedua adalah Konfirmasi dan Verifikasi, tentu wartawan itu harus konfirmasi setiap pemberitaan agar seimbang, apalagi majunya Media sosial saat ini, tentu konfirmasi sangat penting,” Jelas Mursyid Sonsang,” Jelas Mursyid Sonsang, Ketua FJM Jambi, dalam kata sambutan acara pembukaan Media Gathering SKK Migas bersama FJM Sumatera selatan dan Jambi, di Tanjung Pesona Hotel, Bangka (Senin,13/08/2018) yang lalu.

(Lomba Jurnalistik, November 2017/Foto: Ist)

(Mursyid Sonsang, Media Field Trip ke MontD'or Oil Tungkal Ltd, Pematang Lantih Field, Oktober 2017/Jambidaily.com)

(Media Gathering, di Bangka, Agustus 2018/Jambidaily.com)

(Workshop dan Lomba photograpy dalam rangkaian Media Field Trip Pertamina EP, Bajubang, (05/11/2018/Foto: Ist)

Dalam penjelasan Mursyid Sonsang, Sejak dibentuk FJM tahun 2014 lalu, kegiatan FJM yang bermitra dengan SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Jambi, sangat banyak mengadakan pelatihan, workshop, diskusi, seminar dan yang berkaitan dengan penambahan wawasan serta ketrampilan wartawan di provinsi Jambi. "Kegiatannya antara lain, Workshop tentang bagi hasil migas. Pengetahuan ini sangat membantu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, bahwa industri migas betul-betul untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Lalu mengenal industri hulu migas dan regulasi yang mengaturnya dengan beragam istilah, tentu harus dikuasai seorang wartawan ketika menulis tentang migas," Terang Mursyid Sonsang (Senin, 14/10/2019).

Lebih Lanjut, Mursyid Sonsang, kepada jambidaily.com, membeberkan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan ketrampilan wartawan yang digelar, seperti (1) Workshop menulis berita, feature; (2) Workshop bahasa jurnalistik; (3) Workshop manajemen membangun media online (4) Workshop menangkal berita hoax; (5) Lomba menulis artikel dan Foto (6) Pelatihan drone. "Kegiatan ini menimal diadakan dua kali setahun, melalui media gathering dan field trip. Selain menambah pengetahuan, media ghatering juga ajang rekreasi para wartawan untuk lebih mengenal daerah lain," Tutur mantan ketua PWI Provinsi Jambi dua periode ini menambahkan.

"Kita yakin wartawan yang tergabung dalam FJM tidak akan memberitakan yang hoax dan sangat patuh terhadap kode etik jurnalistik. Inilah sumbangan SKK migas dan KKKS untuk membangun peradaban dunia wartawan di provinsi Jambi. Sejak reformasi, dengan kebebasan mendirikan media dan organisasi wartawan. Mutu dan kepatuhan terhadap kode etik sangat mengkuatirkan dunia jurnalistik, terkadang tidak ada lagi batasan mana yang karya jurnalistik dan yang tidak," Tegas Lelaki alumni Lemhannas PPSA 18 tahun 2012, ini.

Andi Ari Pangeran, Kepala Humas SKK Migas wilayah Sumbagsel, merasakan nilai tambah dari dua sisi dengan kehadiran FJM. Dapat memberikan pembekalan-pembekalan terkait hulu migas dan terpenting penguatan jalur komunikasi dari dan ke SKK Migas-KKKS, sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik.

"SKK Migas dengan KKKS Jambi, tentunya melalui FJM Jambi sangat mengharapkan bahwasanya dengan hadir FJM Jambi, sejak tahun 2014 banyak membawa kebaikan bagi wartawan. Secara rutin laksanakan pelatihan dan pembekalan-pembekalan hulu migas, paling penting adalah penguatan jalur informasi dari dan ke SKK Migas-KKKS kepada rekan-rekan jurnalis di Jambi, melalui FJM. Sehingga informasi-informasi seputar hulu migas ini dapat segera diterima dengan valid dan tepat waktu sesuai kebutuhan, juga menghindari adanya kesalahpahaman mengenai informasi," Kata Andi Ari Pangeran (Minggu, 13/10/2019).

"Seperti yang kita lakukan dalam tahun 2019 ini pelatihan untuk drone awal dengan harapan teman-teman memiliki ketertarikan dan dapat belajar lebih jauh mengenai drone, sehingga selain sebagai media atau jurnalis, bisa juga memiliki hobi yang berpenghasilan melalui kegiatan drone. Terpenting kami selalu senantiasa berusaha memberikan nilai lebih dari yang dilakukan, contoh tahun ini kita mengunjungi Kabupaten Kerinci, selain untuk membekali teman jurnalis di FJM melalui pelatihan drone dan perkembangan terkini mengenai industri hulu migas, kita juga membawa untuk sama-sama melihat potensi yang ada seperti Perkebunan Teh dan Kopi. Kenapa penting bagi kami,? karena sejalan dengan program pengembangan masyarakat yang berada disekitar wilayah operasi hulu migas Jambi seperti PetroChina International Jabung Ltd, Pertamina EP Jambi dan Mandala Energy mereka memiliki program pengembangan kopi," Ujar Lelaki Pencinta Alam ini.

Dan itu menurut Andi Ari Pangeran, sangat bermanfaat untuk memperlihatkan bahwasanya Kerinci memiliki potensi kopi yang dapat dijadikan perbandingan bagi daerah-daerah yang dibina oleh KKKS dengan harapan, dapat diterapkan di daerah wilayah operasi hulu migas Jambi. 

"Contoh di Alko (Alam Korintji-red), kita berbagi dalam mengelola bagaimana kebun kopi dibinaan KKKS serta melakukan proses pemetikan hingga siap seduh, perbedaan atau keunggulan yang ada itu kita ambil sehingga dapat menjadi terapan dikemudian hari. Ini juga kita luaskan kepada teman-teman media juga memberikan manfaat lebih, dan memberikan nilai tambah lain bagi teman-teman FJM yang dapat diinformasikan pada masyarakat luas. Maka apa yang kita lakukan nyata memberikan nilai lebih disetiap kegiatan, baik itu disisi SKK Migas, KKKS dan rekan-rekan jurnalis di FJM. Sehingga kita bisa memberikan gambaran secara utuh ternyata hulu migas ini seperti apa," Beber Andi Ari Pangeran.

"Seperti UKW, juga penguatan-penguatan yang perlu kami lakukan dikemudian hari adalah untuk menambah hal-hal yang dapat membuat FJM ini lebih memahami hulu migas, karena kalau kita lihat setiap tahun anggota FJM cenderung berubah disebabkan pergantian wartawan atau jurnalis sangat tinggi di masing-masing media. Sehingga kami dari SKK Migas-KKKS tentunya harus menjaga kualitas teman-teman FJM agar memiliki frekuensi yang sama mengenai pemahaman hulu migas. Dan juga kami melakukan pembekalan-pembekalan yang dapat menunjang tugas dari pada media yang tergabung, sehingga dapat membawa kebaikan bagi personal-personal FJM," Tandas Lelaki yang akrab disapa 'AAP' ini.

(Foto Bersama usai Pelaksanaan UKW tahun 2018)

(Adiyanto Agus Handoyo, serahkan Kartu UKW disaksikan Ketua PWI Pusat dan Jambi/Foto: jambidaily.com)

(SKK Migas-KKKS Jambi, Ketua PWI Pusat beserta Ketua dan Pengurus PWI Provinsi Jambi/Foto: jambidaily.com)

Terlepas dari agenda rutin FJM tersebut, Jika kita Menilik sedikit kebelakang, Puluhan wartawan pernah mendapat kesempatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan V Pada November 2018 secara gratis yang diselenggarakan oleh PWI Provinsi Jambi, berkat sumbangsih serta kepedulian dari SKK Migas Sumbagsel dan KKKS 'PetroChina International Jabung Ltd'

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo, saat melakukan penyerahan secara langsung kartu UKW dan Sertifikat kepada peserta yang telah dinyatakan Kompeten, sampaikan apresiasi dan keinginannya agar wartawan lebih profesional dalam menjalankan kinerja yang selalu menjaga kode etik.

“Selamat kepada wartawan yang sudah berkompeten, kami ingin seluruh wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Ini bentuk dukungan kami kepada jurnalis di Jambi. Kedepan, kami akan tetap komitmen dan mendukung agar wartawan lebih profesional dan selalu menjaga kode etik jurnalistik. Kami juga ikut merasakan manfaatnya jika wartawan berkompeten di bidangnya,” Ungkap Adiyanto Agus Handoyo, di sekretariat PWI Provinsi Jambi, Jalan Jakarta Ujung Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (27/06/2019).

Pada kesempatan ini, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, yang kebetulan berada di Jambi dan menyaksikan penyerahan, juga turut mengapresiasi dukungan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, atas terselenggaranya UKW di Jambi "Tentu harapan kami kedepan kerjasama ini bisa terus terlaksana, agar wartawan khususnya di Jambi, semakin profesional dalam menjalankan tugas,’’ Imbuh Atal S Depari.

Sebelumnya, secara simbolis Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke V yang berlangsung pada November 2018 lalu diserahkan kepada Resmanudin Staff Comdev PetroChina International Jabung Ltd dan Lasno, Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, mewakili para wartawan yang dikirim PetroChina International Jabung Ltd, untuk mengikuti UKW.

"Kami akan terus berkomitmen mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para jurnalis di Provinsi Jambi lewat kerja sama lembaga profesi pers yang diakui Dewan Pers. Peningkatan SDM Jurnalis juga sebagai tanggung jawab moral perusahaan," Ungkap Resmanudin Staff Comdev PetroChina International Jabung Ltd, sebagaimana dilansir jambidaily.com (Rabu, 29/05/2019).

Menariknya, berdasarkan informasi dari Sekjen PWI Provinsi Jambi, Hery FR, SKK Migas berencana kembali memberikan dukungan kepada PWI Provinsi Jambi yang rencananya menggelar UKW Angkatan VI, Oktober 2019.

"Untuk waktu pelaksanaan UKW kali ini masih tentatif, dan rencana SKK Migas akan kembali memberikan dukungan, semoga terwujud dan dapat dirasakan rekan-rekan kontribusi dari SKK Migas Sumbagsel-KKKS Jambi," Ucap Hery FR, di Kantor Sekretariat PWI Provinsi Jambi (Rabu, 16/10/2019).

Sangat tak terbantahkan telah 5 Tahun terbentuknya FJM Jambi, SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Jambi menjaga komitmen, menjaga hubungan mitra dan silaturahmi dalam membina Insan Pers, menyongsong wartawan atau jurnalis patuh kode etik yang semakin profesional dalam kerja, berkualitas, berdaya saing dan mampu bersaing (kompetitif), cakap atau mahir/menguasai /terampil/memiliki kemanpuan (kompeten) dan terpercaya (kredibel) serta dihargai juga dihormati (bermartabat).

Inilah salah satu bukti efek berganda SKK Migas-KKKS untuk negeri dari kegiatan usaha hulu migas di daerah dalam sektor pendidikan, berupa penguatan kemahiran dan kemampuan profesi khususnya bagi insan pers di Jambi, juga bagi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(Pelatihan Drone dan Seminar dalam Media Gathering di Kerinci, Oktober 2019/Foto: jambidaily.com)

(Salah satu wartawan saat peliputan dalam Media Gathering di Kerinci, Oktober 2019/Foto: jambidaily.com)

(Media Gathering di Kerinci, Oktober 2019/Foto: Hendi Fresco)

 

Tentang SKK Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah Institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, SKK Migas menyelenggarakan fungsi:

  • Memberikan pertimbangan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atas kebijaksanaannya dalam hal penyiapan dan penawaran Wilayah Kerja serta Kontrak Kerja Sama;
  • Melaksanakan penandatanganan Kontrak Kerja Sama;
  • Mengkaji dan menyampaikan rencana pengembangan lapangan yang pertama kali akan diproduksikan dalam suatu Wilayah Kerja kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mendapatkan persetujuan;
  • Memberikan persetujuan rencana pengembangan selain sebagaimana dimaksud dalam poin sebelumnya;
  • Memberikan persetujuan rencana kerja dan anggaran;
  • Melaksanakan monitoring dan melaporkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengenai pelaksanaan Kontrak Kerja Sama; dan
  • Menunjuk penjual minyak bumi dan/atau gas bumi bagian negara yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi negara

(Foto: skkmigas.go.id)

 

Ditulis Oleh: Hendry Nursal

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top