Senin, 14 Oktober 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Kurma untuk Penyandang Diabetes, Kenapa Nggak?

Jumat, 10 Mei 2019 14:47:30 wib
Foto: shutterstock

JAMBIDAILY RAMADHAN, Kesehatan - Kurma merupakan buah manis yang sangat identik dengan bulan puasa. Bahkan buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun apakah penyandang diabetes boleh mengonsumsi kurma? 

"Makan kurma boleh loh, dia indeks glikemiknya rendah. Studi ilmiah menunjukkan konsumsi kurma tidak memberikan yang signifikan terhadap peningkatan kadar gula darah, termasuk pada penderita diabetes," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Jumat (10/5/2019).

dr. Ervina juga mengungkapkan bahwa studi lain di tahun 2011 yang dimuat dalam Nutrition Journal memperkuat temuan tersebut. Studi tersebut menunjukkan bahwa kelima varian kurma yang diteliti memiliki indeks glikemik rendah. Oleh karena itu, kurma tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan pada penderita diabetes.

"Pada umumnya, penyandang diabetes diperbolehkan memenuhi 10% kebutuhan kalori totalnya dari gula atau karbohidrat sederhana. Jadi, mengonsumsi maksimal 3 buah kurma per hari tidak masalah. Dengan catatan, tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis lain dan tetap menjalankan pola makan sehat, serta rutin berolahraga 30 menit per hari," jelas dr. Ervina.

Menurut dr. Ervina, olahraga bermanfaat untuk membantu menurunkan gula darah, menjaga berat badan, memperbaiki komposisi tubuh, dan membantu resistensi insulin berkurang sehingga akan memperbaiki regulasi gula darah.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa membantu menjaga kadar gula darah selama berpuasa. Di antaranya sahur dan berbuka dengan makanan yang tepat. Pilih jenis karbohidrat yang memiliki indeks glikemiks rendah dan tinggi serat sehingga bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah setelah makan.

"Begitu pun dengan konsumsi gula harus dibatasi. Sebagai alternatifnya dapat digunakan pemanis rendah atau tanpa kalori. Jumlah kalori hariannya juga harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan," lanjut dr. Ervina.

Untuk membantu menjaga kadar gula darah, penyandang diabetes juga bisa mengonsumsi nutrisi makanan pengganti seperti Diabetasol yang mengandung asupan nutrisi lengkap dan seimbang untuk para penyandang diabetes. Diabetasol juga mengandung Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan membuat puasa menjadi lancar.

Untuk mempermudah penghitungan total asupan kalori harian, bisa dibantu dengan meal replacement khusus diabetes, yaitu Diabetasol yang sudah terukur total kalorinya, memiliki indeks glikemiks rendah, serta tinggi serat. Diabetasol dapat diminum ketika menjelang imsak untuk membantu rasa kenyang lebih lama, serta saat menjelang tidur malam untuk mencegah lapar di tengah malam.

 

 

(mul/mpr)/health.detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top