Rabu, 23 Oktober 2019 |
Hukum

Lagi, Korban Jiwa Tertimbun Longsor PETI

Senin, 26 Oktober 2015 12:20:06 wib
Lokasi Penambangang PETI

JAMBIDAILY BANGKO-Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) lagi-lagi memakan korban. Kali ini dua warga dikabarkan tertimbun longsor galian PETI di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Manau.

Akibat kejadian tersebut, sekitar pukul 15.00 WIB Minggu (25/10),  satu warga yakni Burek (37) tewas dilokasi. Sementara itu, warga lainnya yakni Amin (45) hanya mengalami luka-luka.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran Kartayuga, melalui Kapolsek Sungai Manau, Iptu Nursan Subagyo yang dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian tersebut. Sampai saat ini, Nursan mengatakan kalau pihaknya telah melakukan penyelidikan.

“Benar, ada kejadian warga yang tewas akibat tertimbun longsor galian PETI. Kami sudah melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut,” ungkap Nursan,Minggu(25/10).

Kemudian, Nursan menjelaskan kejadian ini bermula ketika kedua korban bersama dua orang lainnya masuk kedalam lubang galian PETI. Mereka hendak melakukan aktivitas mendulang. Ketika sedang asyik-asyiknya mendulang, tiba-tiba tanah yang berada diatas longsor. Naas dua warga tersebut tertimbun. Rekan-rekannya yang menyaksikan kejadian tersebut, segera menyelamatkan kedua korban. Namun ketika ditemukan, Burek sudah tewas, dan segera dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. Sedangkan Amin ditemukan dalam kondisi pingsan dan dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Jadi kedua korban ini, sedang mendulang didalam lobang PETI, tetapi tiba-tiba tanahnya longsor dan menimbun kedua korban, satu korban ditemukan tewas. Dan satunya lagi ditemukan dalam keadaan pingsan, korban yang tewas dibawa kerumah duka untuk disemayamkan,” jelasnya.

Selain itu, Nursan menyebutkan dari hasil penyelidikan sementara, bahwa lokasi PETI tersebut merupakan milik Zaini (55) warga Desa Sungai Pinang. Dan aparat akan melakukan pemeriksaan.

“Pemilik lokasinya Zaini, kami akan melakukan pemeriksaan, terkait hal tersebut dan keterangan saksi juga sudah kami kumpulkan,” pungkasnya.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top