Kamis, 23 Januari 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Mendisiplinkan Anak yang Nggak Bisa Diam Ada Triknya Sendiri

Rabu, 30 Agustus 2017 07:05:20 wib
Copyright Dephotology (@kukuhphoto)

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Terlalu memanjakan anak memang tidak baik. Tapi terlalu menekannya dengan sering menghukum atau mendisiplinkannya dengan cara yang salah juga bisa berdampak buruk. Apalagi kalau si kecil tipe anak yang nggak bisa diam, perlu trik sendiri untuk menanganinya.

Satu hal penting yang perlu diketahui ketika mendisiplinkan atau memberi hukuman anak adalah kita perlu menyesuaikannya dengan kepribadiannya. Selain itu, saat menghukum, anak juga perlu tahu alasan atau kesalahan yang membuatnya memang perlu dihukum. Sehingga anak nggak merasa tertekan atau merasa nggak dicintai orang tuanya ketika dihukum.

Untuk anak yang super aktif, ada trik khusus yang perlu dilakukan ketika menghukumnya atau mendisiplinkannya karena sebuah kesalahan yang dilakukannya. Dilansir dari parenting.com, Louis Lichtman Ph.D., profesor psikologi di Alfred University, in New York, menyatakan bahwa kita sebagai orang tua jangan langsung keburu membentak anak saat dia melakukan kesalahan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Kita perlu memberi penjelasan dulu kenapa perilakunya itu salah. Misalnya, ketika anak terus main sepeda padahal waktu sudah sore dan saatnya untuk pulang. Kita perlu membuat anak berhenti dari sepedanya, lalu mengajaknya bicara. Jelaskan kenapa harus berhenti main dan lekas pulang. Beritahu soal aturan dan batasan bermain setiap harinya. 

Ketika memberi hukuman pun perlu konsisten. Contohnya, ketika anak bermain sepeda melebihi batas waktu yang sudah disepakati, kita akan menghukumnya dengan tidak memperbolehkannya main sepeda selama 3 hari. Jadi selama 3 hari itu benar-benar jangan izinkan anak untuk menyentuh sepedanya. Dan peraturan ini harus diikuti dan disepakati bersama. 

Di samping itu, kita juga perlu lebih peka dengan kepribadian anak. Kalau anak memang nggak bisa diam dan punya banyak energi yang perlu disalurkan, kita perlu mengarahkannya. Seperti mengagendakan kegiatan olahraga atau aktivitas fisik tambahan yang lebih positif untuknya. Dengan begitu, anak bisa tetap menyalurkan potensi dengan cara yang lebih baik. Dan anak akan merasa lebih diperhatikan.

Cara mendisiplinkan atau memberi hukuman pada anak memang ada banyak alternatifnya. Kalau Moms sendiri punya tips atau trik lain terkait mendisiplinkan anak yang nggak bisa diam?

(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top