Senin, 19 Agustus 2019 |
Politik

Merangin Dukung Kelahiran Kabupaten Tabir Raya "Dikebut"

Kamis, 02 Juli 2015 14:14:08 wib
Bupati Merangin, H Al Haris memimpin rapat pemekaran Tabir Raya bersama Komisi I DPRD Provinsi Jambi (02/07)

JAMBIDAILY BANGKO-Sidang Paripurna DPRD Provinsi Jambi terkait lahirnya Kabupaten Tabir Raya, buah pemekaran Kabupaten Merangin dikebut. Ini tersirat pada rapat pemekaran Bumi Tali Undang Tambang Teliti di Aula Utama Kantor Bupati Merangin, Kamis (02/07).

Rapat yang dipimpin Bupati Merangin H Al Haris tersebut, diikuti para anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi dan para tokoh Tabir, menjadwalkan paripurna akan digelar sebelum Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

"Kita percepat rapat paripurna ini tidak bernuansa politik jelang pemilihan gubernur Jambi. Jelasnya untuk kemajuan perekonomian masyarakat Merangin, Kabupaten Tabir Raya harus segera kita lahirkan,’’ujar Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi Nasri Umar (NU), Artinya sebelum masa jabatan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) berakhir pada 03 Agustus mendatang, paripurna itu telah digelar.

Pada rapat yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, bupati meyakinkan soal tapal batas dengan kabupaten tetangga tidak masalah. Bahkan bupati sempat menanyakan langsung kepada pejabat yang diutus dari kabupaten tetangga yang hadir.

Baik perbatasan dengan Kabupaten Bungo, Tebo, Kerinci dan Sarolangun tidak ada masalah. ‘’Hanya saja ada sekitar 15 Km perbatasan Merangin dengan Sarolangun yang perlu ditinjau ke lapangan, tapi itu tidak masalah, selesailah,’’tegas Bupati.

Bahkan lanjut H Al Haris, semua bupati kabupaten tetangga melalui utusan pejabat yang hadir, menegaskan sangat mendukung lahirnya Kabupaten Tabir Raya tersebut. Lahirnya Kabupaten Tabir Raya itu terang bupati, merupakan anak ke empat Merangin setelah Sarolangun, Bungo dan Tebo.

Semua wilayah Kabupaten Bungo, Tebo dan Sarolangun itu jelas bupati, dulunya merupakan satu kesatuan wilayah Kabupaten Merangin, sehingga dalam waktu dekat Kabupaten Merangin akan menjadi lima Kabupaten.

‘’Pemekaran kabupaten ini semata bertujuan untuk mempercepat lajunya pembangunan di wilayah Merangin yang sangat luas dan untuk memajukan perekonomian masyarakat. Selain Tabir Raya, kedepannya juga bakal lahir Kabupaten Gunung Masurai,’’terang Bupati. (jambidaily.com/HMS/TEG)
 

KOMENTAR DISQUS :

Top