Senin, 19 Agustus 2019 |
Advetorial

Merangin Expo Hidupkan Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Sabtu, 15 Agustus 2015 09:10:09 wib
Kemeriahan Merangin Expo HUT RI ke70/2015

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Merangin Expo 2015 yang dibuka Wakil Bupati Merangin H A Khafid Moein pada Kamis (13/8) malam, mampu menghidupkan seni budaya daerah dan ekonomi kerakyatan.

Hal tersebut tersirat jelas di lokasi Merangin Ekspo, kawasan Pasar Bawah Bangko setiap harinya. Mulai acara pembukaan ditampilkan sederatan kesenian daerah yang mampu memukau ratusan penonton.

‘’Kesenian daerah yang dikemas secara apik oleh Sanggar Bina Lestari Bangko, mampu menghidupkan budaya lokal. Buktinya seni pertunjukan yang dipertontonkan mampu memukau ratusan penonton,’’ujar Bupati.

Ini artinya lanjut Wabup, Festival Biduk Amo yang dikemas dalam rangkaian Merangin Expo sangat postif, guna mengairahkan geliat seni budya di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Merangin.

Pada malam pembukaan Merangin Expo itu, selain menampilkan seni budaya Merangin, juga mempertontonkan seni pertunjukan dari Jambi yang digarap Tim Kesenian Taman Budaya Jambi dan seni pertunjukan dari Dinas Pariwisata Kerinci.

Menariknya pada acara tersebut, Wabup secara spontan memberikan piagam penghargaan kepada Tim Kesenian Taman Budaya Jambi dan Tim Kesenian Kerinci yang telah dua tahun meramaikan Festival Biduk Amo Bangko.

Sementara itu selama berlangsungnya Merangin Expo yang akan berakhir pada 18 Agustus mendatang, ekonomi kerakyatan mendadak terdongkrak. Ini terlihat dari aktivitas jual beli yang terjadi di kawasan Merangin Expo setiap harinya.

Ratusan pedagang yang didominasi ibu-ibu rumah tangga, mengaku mampu meraup keuntungan luar biasa dari berbagai dagangan yang dijual. Tidak hanya jajanan makanan, tapi juga kebutuhan sandang.

Para pedagang di kawasan Pasar Bawah Bangko juga mengaku selama pelaksanaan Merangin Expo, omset penjualan mereka naik cukup drastis. ‘’Seperti biasa jika ada keramaian pasti pembeli meningkat,’’ujar Ajo salah seorang pedagang. (jambidaily.com/TEG)
 

KOMENTAR DISQUS :

Top