Selasa, 21 Januari 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Mom, Tepung Kanji Bermanfaat Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Rabu, 18 April 2018 08:29:18 wib
copyright pexels.com

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Biang keringat adalah suatu masalah yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak apalagi ketika mereka tinggal di daerah dengan suhu lembab dan panas. Selain karena pengaruh cuaca, biang keringat juga sering muncul ketika bayi mengalami demam. Melansir dari laman alodokter.com, biang kering bisa terjadi karena pori-pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar dengan baik. 

Mengenai biang keringat pada bayi ini, umumnya bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari. Tapi, untuk biang keringat yang sudah terjangkit infeksi, ini harus dihilangkan dan dirawat sebaik mungkin dengan cara yang tepat. Ini juga perlu diperiksakan ke dokter atau bidan terdekat. 

Namun, untuk biang keringat biasa atau yang normal, ini bisa diatasi dengan cara alami atau tradisional. Beberapa orang tua zaman dulu sering menerapkan cara alami dan hasilnya mengagumkan. Salah satu cara alami untuk mengatasi biang keringat pada bayi sendiri adalah dengan memanfaatkan tepung kanji.

Karena tepung kanji bersifat dingin, ini sangat efektif mengatasi biang keringat. Caranya adalah, basahi tepung kanji hingga membentuk adonan seperti masker. Selanjutnya, oleskan ke kulit bayi yang mengalami biang keringat secara merata dan hati-hati. Usahakan agar mengoleskan masker tepung kanji ini saat bayi dalam kondisi segar, selesai mandi dan tidak berkeringat. Jika tepung kanji sudah kering, Mom bisa mengelap tepung atau memandikan buah hati lagi dan membersihkan sisa tepung di kulit bayi. 

Selain tepung kanji yang bermanfaat mengatasi biang keringat, bahan alami lain yang juga bermanfaat mengatasi keringat adalah daun kerokot, daun tembelekan, kacang hijau, masker buah mentimun, tanaman lidah buaya dan oleskan minyak telon ke kulit bayi. 

Well Mom, ketika buah hati mengalami biang keringat, jangan langsung panik ya. Atasi dengan cara alami dengan sangat hati-hati. Pilih bahan alami yang benar-benar aman dan tidak membuat kulit buah hati mengalami alergi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top