Minggu, 18 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Momentum Idul Adha, Fachrori Ajak Umat Bersatu Membangun Provinsi Jambi

Minggu, 11 Agustus 2019 16:00:28 wib
JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh umat untuk bersama-sama membangun Provinsi Jambi. Ajakan tersebut dikemukakan oleh Fachrori dalam Ibadah Sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Minggu (11/8). Gubernur menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang giat-giatnya melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Jambi dan pembangunan tersebut membutuhkan dukungan dari masyarakat.

Fachrori menjelaskan, melalui momen Idul Adha, dirinya mengajak semua pihak agar memiliki tekad untuk bekerja lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera (TUNTAS), sesuai dengan visi pembangunan Provinsi Jambi 2016-2021, dengan efektivitas dan efisiensi yang tinggi, dan tidak lepas dari rela berkurban.

"Pemerintah terus melakukan upaya untuk mengentaskan kemiskinan sesuai dengan visi Jambi TUNTAS dengan berupaya meningkatkan SDM Provinsi Jambi yang terdidik, sehat, dan berbudaya serta agamis. Untuk itu, seluruh jajaran pemerintah Provinsi Jambi diharapkan dapat bekerja dengan ikhlas dan bekerja lebih keras, lebih tertib dan bersungguh sungguh dalam melayani masyarakat," ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, Idul Adha, memiliki makna keikhlasan untuk berbagi. "Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban dan kerendahan hati untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail. Selain sebagai bentuk ketaatan, ibadah kurban juga menjadi momen penting untuk meneguhkan kembali rasa empati, dimana kita rela menyisihkan harta yang kita miliki untuk berbagi. Dengan saling berbagi antara mereka yang kaya memberikan kepada yang berkekurangan, sehingga akan tercipta kesejahteraan masyarakat,” jelas Fachrori.

Makna kedua Idul Adha, lanjut Fachrori, meneladani pemuda seperti Nabi Ismail yang tanpa keraguan mengorbankan diri untuk berkurban. Pengorbanan ini akan mendekatkan diri kepada Allah dan sesama, dengan pengorbanan akan menghilangkan kesenjangan antara kaya dan miskin sehingga tercipta tolong menolong yang akan berdampak pada kedamaian.

"Jika kita sadari, perintah untuk saling berbagi dan membantu tidak lain adalah cara nyata manusia untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki. Sebagai makhluk sosial, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam hidup, manusia pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Penting kiranya selalu kita tumbuh kembangkan sikap saling menyayangi dan menghormati antar sesama. Inilah makna utama dari Hari Raya Idul Adha," ungkap Fachrori.

Dalam Sholat Idul Adha ini, bertindak sebagai imam Buchori Al Hafizh S.Ag, khatib H.Hasan Basri Husin,SH, bilal Ustad M.Yani.

Selain itu, Fachrori mengajak masyarakat untuk menghadiri Open House Idul Adha di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Pada kesempatan tersebut, pengurus Masjid Agung Al-Falah membacakan orang-orang yang memberikan kurban, yaitu: 1 ekor sapi dari Gubernur Jambi, 1 ekor sapi dari Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi, 1 ekor sapi dari Bank 9 Jambi, 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari BNI Syariah, 1 ekor sapi dari Yayasan Al-Azhar 57 Jambi, 1 ekor kambing dari almarhum Rd.Usman Bin Raden Yusuf, 1 ekor kambing dari Hj.Rts Fatimah Binti Yasin, 1 ekor kambing dari Satif Bin Yusuf, dan 1 ekor kambing dari Marhuna Binti Mahruf.

Usai ibadah Sholat Idul Adha, didampingi oleh Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M. Dianto,M.Si, gubernur Jambi memberikan secara simbolis 1 ekor sapi kurban kepada pengurus Masjid Agung Al-Falah Jambi, sembari berpesan bahwa yang mendapatkan daging kurban adalah orang-orang yang benar-benar layak mendapatkannya.

Open House Idul Adha

Usai menunaikan Sholat Idul Adha, gubernur Jambi didampingi oleh istri Hj.Rahima dan Sekda Provinsi Jambi H.M.Dianto beserta istri Hj.Neta Aryani menerima kehadiran masyarakat dalam Open House Idul Adha 1440 H di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Tampak gubernur dan istri serta Sekda dan istri menerima masyarakat dengan hangat, masyarakat pun disuguhkan alunan musik religi dan hidangan khas lebaran dengan menu makanan khas Provinsi Jambi seperti nasi minyak, tempek ikan, daging kari, martabak, sate, pempek, dan lain-lain.

Masyarakat dari berbagai elemen, baik dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun mahasiswa, dan dari seluruh kalangan usia, mulai anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, orangtua, dan lansia hadir dalam open house tersebut.

Gubernur dan istri beserta Sekda dan istri mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang datang dalam open house tersebut. Fachrori berharap agar Idul Adha membawa keberkahan bagi Provinsi Jambi. Gubernur dan istri juga menyumbangkan lagu untuk memeriahkan open house Idul Adha. Para Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi turut bernyanyi bersama gubernur dan istri. (Maria/edit: Mustar, foto: Adi Putra dan Novriansah, video: Said Usman, Latib, Willy/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top