Minggu, 18 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Motivasi Petani, Bupati dan Danrem 042/042 Tanam Padi Bersama

Kamis, 31 Desember 2015 10:36:53 wib
Gubernur, Danrem dan Bupati Merangin H Al Haris tanam padi bersama

JAMBIDAILY BUDAYA-Memberi motivasi dan semangat kepada para petani padi dan kebangkitan swasembada pangan, Bupati Merangin H Al Haris bersama Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Kol Inf Makmur Umar, menanam padi bersama.

"Gerakan turun ke sawah menanam padi ini merupakan program besama TNI yang terus membantu memakmurkan rakyat.
Masyarakat bantu TNI sukseskan program swasembada pangan ini, dengan semangat turun ke sawah,’’harap, H Al Haris, saat meresmikan percetakan sawah di area pencetakan sawah baru seluas 502 hektar, Rabu (30/12) di Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir.

Manfaatkan pencetakan sawah baru yang dibangun TNI dengan baik, usahakan bisa tanam satu tahun dua kali. Pemerintah akan terus membantu mulai dari bibit padi, alat penggaranan sawah sampai pupuknya.

"Jangan sampai sawah yang telah dibangun diterlantarkan dan kembali menjadi lahan tidur. Untuk tahap awal ini memang masih banyak kurangnya, termasuk jalan pertanian ke sawah kedepannya akan kita bangun,’’jelas Bupati.

Melalui sinergi pemerintah dengan TNI ini, bupati yakin lewat program pencetakan sawah baru seluas 1.000 hektar di Kabupaten Merangin pada 2015 tersebut, Bumi Tali Undang Tambang Teliti akan mampu swasembada pangan.

Sementara itu Danem 042/Gapu Kol Inf Makmur  Umar mengatakan, TNI akan terus berjuang mensejahterakan masyarakat. TNI siap membantu pemerintah daerah dalam angka program turun ke sawah menanam padi.

Selama ini lanjut Danrem, pencarian masyarakat terlalu fokus ke sawit dan karet.

"Padahal negara kita adalah negara agraris, yang kaya akan pertanian pangan. Kita jangan terkecoh, bergantung ke negara lain mendapatkan beras,’’tegas sang Danrem.

Nanti kalau pasokan beras dari negara luar itu distop sambung Dandim masyarakat Indonesia khusunya Merangin akan makan apa. Makanya mulai hari ini mari sama-sama turun ke sawah dan TNI akan membantu sekuat mungkin.

Rakyat adalah ibu kandung TNI, oleh karena itu TNI akan terus bersama rakyat dalam menyukseskan program swasembada pangan, agar jangan tergantungan dengan negara luar untuk mendapatkan beras.

Kepada seluruh anggota TNI di Merangin, Dia berpesan agar terus bantu rakyat, laksanakan tugas turun ke sawah msnsejahterakan rakyat. TNI juga punya program teritorial, satu juta jamban dan bedah rumah.  

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Seksi Analisis dan Penyajian Data Lahan Dirjen Perluasan dan Pengelolaan Lahan Kementerian Pertanian Ir. Ester Luluk A, MM, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Budiawan Basuki.

Selain itu juga hadir dan ikut menanam padi,  Gubernur Jambi yang diwakili Asisten II Setda Provinsi Jambi Ir. H. Havis Husaini, MM, Kadis Pertanian Provinsi Jambi Amrin Aziz dan Sekretaris Bakorluh Provinsi Jambi Drs. H. Dasra, MTP.(jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top