Jumat, 21 Februari 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Mudah Lupa??? Ini Lho Cara Tingkatkan Memori Otak Hingga 23 persen

Sabtu, 11 Januari 2020 08:56:20 wib
Ilustrasi/aladokter.com

JAMBIDAILY KESEHATAN-Seiring bertambahnya umur biasanya akan mengurangi daya ingat (berkurangnya memori otak).

Namun kondisi tersebut dapat diperbaiki serta dapat ditingkatkan dengan menggunakan salah satu cara dibawah ini.

Jika kamu sedang lupa, berusaha keras untuk mengingatnya namun gagal, kamu bisa menerapkan trik berikut ini;

Seperti dilansir dari Times of India, Peneliti Inggris mengumpulkan sekelompok orang untuk menonton film pendek. Kemudian, mereka diminta untuk mengingat detail film tersebut dengan menjawab serangkaian pertanyaan. Setengah dari orang-orang itu diminta untuk menutup mata saat menjawab pertanyaan.

Hasilnya, orang-orang yang menutup mata, menjawab 23 persen lebih benar dibanding orang-orang yang membuka matanya saat menjawab pertanyaan. Temuan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Legal and Criminology Psychology.

Studi ini menyimpulkan bahwa menghilangkan gangguan di sekitar dapat membantu kamu lebih fokus untuk mengingat berbagai hal. Dengan menutup mata, beban kognitif otak kamu diturunkan, gangguan terhambat, yang akhirnya membantu kamu untuk lebih fokus.

Menutup mata juga dapat membantu kamu membentuk gambaran mental tentang hal yang ingin kamu ingat. Selain itu, menutup mata juga membantu kamu mengingat gambar, saat kamu meninggalkan benda-benda yang kamu lupa, karena hal-hal di depan kamu tidak menganggu kamu.

Tetapi, trik ini tidak akan efektif jika kamu dalam keadaan stres. Karena rasa cemas dan stres dapat mengganggu konsentrasi kamu dan membuatnya sulit untuk mengingat sesuatu, bahkan jika kamu menutup mata sekalipun.(*)

Sumber  : viva.co.id
Editor    : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top