Kamis, 21 November 2019 |
Ekonomi

Nah...142 Milyar Asset Merangin "Tak Tahu Rimbanya"

Selasa, 29 September 2015 21:41:16 wib
ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY MERANGIN-Hingga juni 2015, Asset Kabupaten Merangin senilai  Rp 142 Milyar tidak diketahui keberadaanya dan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Aset di Merangin yang belum diketahui keberadaannya, sampai dengan saat ini senilai Rp. 142 Miliar per Juni 2015,”papar Inspektur Kabupaten Merangin Hatam Tafsir, saat dibincangi awak media di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin, baru ini.

Dijelaskannya, temuan BPK atas asset tersebut terhitung sejak tahun 1972 itu didominasi di Dinas Kesehatan dan Pendidikan Kabupaten Pendidikan dan menjadi temuan terbesar BPK.

Menurut Hatam, asset tersebut banyak di dua dinas tersebut, berupa barang yang sulit untuk kembali dan diungkapkan keberadaanya sampai dengan saat ini.

“Aset yang ada berupa bangunan gedung sekolah yang lama, bangunan Pustu, motor operasional dan rumah bidan yang sudah tidak ada lagi,” katanya.

Hatam juga menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini sudah ada upaya penemuan asset tersebut di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi temuan BPK RI beberapa waktu lalu.

“Per September 2015 ini sudah di temukan Rp 9,5 Miliar, dan tersisa Rp 132 Miliar,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya akan melakukan pemutakhiran data asset daerah Kabupaten Merangin dan di targetkan pada akhir tahun 2015 temuan asset Kabupaten Merangin dapat berkurang secara signifikan.

“Kita juga berharap ada pemutakhiran, dan di tergetkan pada akhir 2015 nanti tersisa di angka dibawah Rp 100 miliar,” tuntasnya.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top