Senin, 14 Oktober 2019 |
Nasional

Nah...Dua Partai "Ditolak" KPU Usung Zumi Zola-Fachrori Umar

Senin, 27 Juli 2015 12:52:44 wib
ilustrasi partai golkar dan PPP

JAMBIDAILY NASIONAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menolak Partai Golkar dan PPP sebagai partai pendukung pasangan Bacagub Zumi Zola dan H Fachrori Umar.

Penolakan KPU terhadap dua partai itu mengacu pada Peraturan KPU, karena kedua partai tersebut hanya diusulkan satu DPP.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Pilkada. Dengan revisi ini, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan yang masih berkonflik dapat mengajukan pasangan calon di pilkada.

Disebutkan dalam revisi PKPU tersbut, pada Pasal 36 PKPU Nomor 9/2015,  menjelaskan bahwa islah kepengurusan tak bisa dicapai, parpol dengan dua kepengurusan bisa ikut pilkada. Caranya, dua kepengurusan di parpol itu mengajukan satu pasangan calon yang sama.

Dengan ditolaknya dua partai pengusung tersebut, maka pasangan Zumi Zola- H Fachrori Umar disetujui didukung Partai PKB (6 Kursi), Partai PAN (6 kursi), Partai Nasdem (5 kursi), Hanura (3 kursi) dan Partai PBB (1 kursi).

Hingga berita ini diturunkan, pihak KPU Provinsi Jambi sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas pendaftaran calon pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar.  Dan belum ada keterangan resmi dari pihak Golkar dan PPP terkait penolakan tersebut.(jambidaily.com/DRM)

KOMENTAR DISQUS :

Top