Jumat, 24 Mei 2019 |
Nasional

OJK Jambi Menjadikan Konsumen Jasa Keuangan Berdaya dan Bahagia

Kamis, 21 Maret 2019 20:00:42 wib

JAMBIDAILY NASIONAL - Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional dan Hari Bahagia se-dunia pada tanggal 20 Maret 2019, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi menyelenggarakan pelayanan khusus kepada masyarakat selaku konsumen jasa keuangan yang datang ke Kantor OJK Jambi. Hal ini dilakukan sebagai komitmen OJK Jambi dalam menjalankan budaya layanan yang prima.

Konsumen jasa keuangan yang datang berkonsultasi dan atau meminta data Laporan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) disuguhi pemberian gift berupa mug cantik dan cokelat. Di samping itu, konsumen juga masih tetap memperoleh layanan cek kesehatan dasar gratis, permainan papan dart, permainan roda literasi, playground bagi anak dan sajian kopi gratis di LACAK Cafe yang kesemuanya merupakan bagian integrasi pelayanan di OJK Jambi.

Bagi konsumen yang hobi selfie, OJK Jambi juga menyediakan area photobooth dan memberikan cetakan instax foto gratis. Konsumen merasa sangat puas dan antusias terhadap pelayanan yang diberikan pada hari itu karena kejutan yang mereka peroleh.

Tidak hanya itu, khusus bagi konsumen yang meminta data SLIK. Selain mereka dapat memperoleh informasi rinci mengenai riwayat transaksi pinjaman yang pernah mereka miliki di lembaga jasa keuangan, seperti bank dan perusahaan pembiayaan (leasing company), konsumen diperlihatkan pula proses penyederhanaan layanan yang diberi nama “J4Mbi – Jaminan 4 Menit Berkas dicetak”.

Layanan J4MBi ini adalah percepatan proses pemberian layanan kepada pemohon data SLIK, sehingga mereka dalam waktu 4 menit sudah dapat memperoleh cetakan data laporan yang mereka butuhkan. Sebagai informasi, data laporan SLIK sangat dibutuhkan oleh lembaga jasa keuangan dan konsumen untuk mengetahui riwayat pinjamannya terdahulu.

Melalui SLIK, Konsumen juga dapat memastikan bahwa identitas pribadi mereka tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk meminjam sejumlah dana dari Lembaga Jasa Keuangan. Hal tersebut perlu diantisipasi agar konsumen tidak merasa dirugikan, sehingga mereka tidak dapat lagi meminjam uang ke lembaga jasa keuangan formal dan menjadi sasaran penagihan oleh lembaga jasa keuangan dan atau jasa penagih akibat dari tidak terselesaikannya kewajiban oleh oknum tidak bertanggungjawab tersebut.

Pada hari yang sama, OJK Jambi juga mengundang Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) di Jambi untuk menghadiri kegiatan bertajuk Sharing and Sing. Kepala OJK Jambi, Endang Nuryadin memanfaatkan momen sharing di acara tersebut untuk mengingatkan kepada PUJK akan arti pentingnya pelayanan.

Semakin banyaknya PUJK mencerminkan bahwa kondisi ekonomi masyarakat di Jambi sudah semakin baik dan menjadi potensi pasar yang menjanjikan di sektor usaha jasa keuangan. Hal ini seyogyanya dapat memacu PUJK melakukan peningkatan layanan guna menarik minat calon konsumen dan merebut pasar di sektor bisnis ini.

Seluruh pimpinan PUJK yang hadir juga diajak untuk melihat dan memberikan saran atas budaya layanan yang dibangun di OJK Jambi. Endang Nuryadin berharap bahwa hari istimewa ini dapat memberikan semangat ke depan agar semua PUJK mampu membuat konsumen jasa keuangan menjadi lebih berdaya dan bahagia. Hal ini tentu akan memiliki dampak positif bagi bisnis masing-masing PUJK.

Selamat Hari Konsumen Nasional dan Hari Bahagia se-dunia. (*Rilis)

KOMENTAR DISQUS :

Top