Selasa, 18 Juni 2019 |
Jurnal Publik

Olahraga untuk Mencegah Kanker, Tidak Perlu yang ‘Berat’

Kamis, 29 Oktober 2015 14:19:05 wib
Bersepeda (ilustrasi)

 oleh : Desi Irawati

JAMBIDAILY JURNALPBULIK-Kanker bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit kronis yang paling menakutkan. Tak heran, setiap orang berupaya sebisa mungkin agar tidak terserang oleh penyakit mematikan ini. Baik dari sisi pola hidup yang sehat sampai dengan proteksi seperti asuransi kesehatan terbaik ataupun BPJS Kesehatan – semua diusahakan agar selamat dari serangan ‘diam-diam’ yang dilakukan oleh sel kanker.

Bisa! Ya, kita semua bisa mencegah kanker agar tidak menyerang tubuh kita. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah olahraga untuk mencegah kanker. Tidak perlu yang ‘berat’, faktanya, olahraga berikut cukup mudah untuk dijadikan rutinitas. Apa saja?

Daftar Olahraga untuk Mencegah Kanker

  1. Jalan kaki

Mungkin kelihatannya sepele, akan tetapi berjalan kaki turut memengaruhi kesehatan seseorang. Olahraga terbaik untuk mencegah kanker adalah dimulai dari jalan kaki. Jalan kaki bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan juga menjauhkan pikiran dari stres. Jadi berjalan kakilah setiap hari sekitar 30 menit saja!

  1. Jogging

Hampir mirip dengan jalan kaki, jogging atau berlari ringan selama kira-kira 45 menit dapat membuat detak jantung lebih cepat sehingga turut menjaga kesehatan organ tubuh paling penting ini. Selain itu, keringat yang dihadilkan usai jogging dapat membantu detoksifikasi yakni membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.

  1. Bersepeda

Jika sempat dan sempatkanlah untuk bersepeda di pagi hari. Bersepeda dapat membuat organ paru segar kembali sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

  1. Berenang

Siapa yang menolak keahmpuhan olahraga renang? Namun memang sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bisa berenang. Padahal renang dianjurkan bagi semua orang dari segala usia, bahkan sejak dini. Anda bisa rutin berenang sekitar sejam atau dua jam saja. Hidup sehat pun dimulai! Tidak hanya mengurangi risiko penyakit kanker, olahraga akan membuat Anda lebih mudah menjaga bobot tubuh.

  1. Tenis

Tenis dapat dikatakan sebagai salah satu olahraga terbaik yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak aktif. Anda akan diajak berlari sembari menggerakkan tangan. Efeknya? Keringat yang dikeluarkan akan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.

  1. Mendaki

Jika ada kesempatan liburan maka pilihlah aktivitas mendaki. Mendaki dapat menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit kanker. Ini karenda pendakian dapat menghilangkan stres dan juga ‘memaksa’ tubuh untuk benar-benar bergerak. Penyakit pun enggan menyerang Anda.

  1. Menari

Bosan dengan aktivitas olahraga yang Anda anggap ‘agak monoton’? Menari adalah salah satu olahraga untuk mencegah kanker yang membebaskan Anda untuk bergerak. Menarilah dengan gembira sembari memutar musik kesukaan Anda. Hati bahagia, tubuh sehat!

  1. Yoga

Olahraga tidak harus dalam bentuk aktivitas gerak. Bahkan dalam aktivitas yang bergerak seminim mungkin, Anda bisa memperoleh kebugaran kembali sehingga tubuh kembali fit dan dapat menyerang balik penyakit yang mau menghampiri. Latihan yoga diketahui mampu membuang racun dalam tubuh. Ini karena bentuk meditasi dapat memberi manfaat tidak hanya bagi tubuh tetapi juga pikiran dan jiwa. Asal tahu saja, terkadang kanker bisa dipicu oleh pikiran yang sering stres.

Nah, bagaimana? Tidak sulit bukan daftar olahraga untuk mencegah kanker yang telah disebutan di artikel ini. Nah, sebagaimana sudah disebutkan di awal, barengi dengan perlindungan terbaik bagi masa depan kesehatan Anda. Pastikan diri Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS dan atau asuransi kesehatan lainnya. Kesehatan tubuh dimulai dari aktivitas tubuh itu sendiri.(jambidaily.com/*)

 

(*) Penulis adalah Talent management & Social Media

 

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top