Jumat, 24 Mei 2019 |
Wisata & Budaya

Pameran Foto Koleksi 5AW dan Fotografer Jakarta

Jumat, 01 Februari 2019 07:43:07 wib
Foto: Adjir/Dok.Tempoa Art Galery

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Tempoa Art gallery Sabtu (02/02/2019) yang akan datang, berencana mengelar pameran foto koleksi  fotografer terkemuka di Jambi, yaitu Sakti alam Watir (5AW). Koleksi foto yang akan dipamerkan merupakan hasil “bidikan” 5AW bersama rekanan beliau di dunia fotografer baik lokal maupun nasional (Jakarta) 

Helatan ini menurut Ajir selaku panitia merupakan kerinduan 5AW membaca kembali “kitab-kitab” yang tersimpan, selain itu pameran ini merupakan program Tempoa Art Gallery (TAG) untuk kembali bergerak mengisi perjalanan kebudayaan di daerah Jambi. Selama ini lanjut Ajir, TAG merupakan sebuah ruang bagi pelaku kesenian Jambi untuk mengelar karya baik berupa lukisan, foto, patung, kerajinan, yang dikombinasikan dengan pertunjukan puisi, monolog/teater, dan musik. Nah, di tahun 2019 ini TAG kembali mengawali kegiatan dengan menghadirkan 5AW dengan sejumlah “harta kekayaan simpanannya.

Dari sejumlah koleksi foto yang akan dipamerkan adalah hasil karya fotografer Amran Hendriansyah Abenk, martina Henny P, Triswanto, Jefry Surianto, dan Khairil Fahmi. Mereka adalah rekanan 5AW dari Jakarta. Selain itu akan digelar juga hasil karya potografer dari Jambi. Salah satunya adalah fotografer senior Maicel Horas atau lebih dikenal dengan inisial MDi.

Direncanakan pameran foto keleksi 5AW akan dibuka oleh Musri Nauli aktivis pergerakan lingkungan hidup di kota Jambi. Tentu saja kehadiran sosok Nauli untuk membuka pameran foto ini bukanlah suatu kebetulan. Kehadiran Nauli diharapkan dapat mempertegas isu yang menjadi bidik kamera para fotografer untuk diterus sampaikan oleh pelaku lingkungan itu sendiri. Dan memang dari sejumlah foto yang dipamerkan adalah mengangkat persoalan lingkungan.

Persoalan lingkungan memang akan selalu menarik untuk dibidik, karena foto memiliki daya keabadian untuk menyimpan yang telah hilang. Mencatat yang tidak bisa lagi disaksikan. Ambillah contoh pada pameran foto yang akan digelar Sabtu, 2 februari 2019 ini kita akan menemukan foto-foto yang mengabadikan  Tugu Kota Baru sebelum direnovasi seperti sekarang ini. (sekarang: Tugu Siginjai). Selain itu ada sejumlah foto yang mungkin harus kembali kita reka-reka keberadaanya.

Tentu saja dengan adanya pameran foto koleksi ini akan menjadi tempat bagi masyarakat untuk kembali bernostalgia dengan sejumlah objek yang pernah ada di kota Jambi. Pameran ini direncakan akan dibuka selama bulan Februari tanpa dipungut biaya. Karena itu kehadiran masyaraka Jambi secara umum sangat diharapakan oleh Ajir selaku panitia, dan lembaga pendidikan secara khusus. 

“Karena sekolah  sebenarnya dapat memanfaatkan pameran ini sebagai tempat rekreasi dan edukasi.” Tutur Aji penuh harap. Semoga terwujud(IBP)


Editor: Hendry Noesae

 

Berita Terkait:
Tempoa Art Gallery, Ruang Seni Alternatif di Jambi

KOMENTAR DISQUS :

Top