Rabu, 23 Oktober 2019 |
Peristiwa

Pangdam I/BB Harap Satgas Yonif 132/BS Jaga Keutuhan NKRI di Perbatasan Timor Leste

Senin, 17 Juni 2019 23:11:17 wib

JAMBIDAILY PEKANBARU - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI - RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS Tahun Anggaran 2019 pada Senin (17/06/19) Siang yang bertempat di Lapangan Mako Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti, Salo Kabupaten Kampar.   

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB mengatakan sebelum menjalani tugas operasi pengamanan wilayah perbatasan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), prajurit haruslah memiliki kemampuan, pengetahuan dan keterampilan khusus yang perlu dipelajari sebagai bekal bagi prajurit tersebut.   

"Maka melalui kegiatan latihan pratugas satgas pamtas RI - RDTL yang diikuti oleh 400 prajurit sebagai peserta yang akan dikirim ke daerah wilayah Timor Leste dalam mengamankan wilayah perbatasan, saya yakin apabila pelaksanaan latihannya diikuti dengan sungguh-sungguh akan berjalan dengan lancar bahkan dapat mencapai keberhasilan serta menuai prestasi yang maksimal sesuai harapan kita bersama," Ujar Pangdam I/BB.   

Pangdam juga menambahkan, tugas TNI saat ini semakin berat dan komplek untuk itu sangat diharapkan latihan ini dapat memberikan pembekalan yang cukup bagi seluruh prajurit yang akan melaksanakan pengamanan di perbatasan.   

"Melalui landasan semangat dan sikap disiplin serta kesungguhan dalam berlatih, keberhasilan yang benar dan bertanggung jawab akan selalu mengikuti selama kita menjalankan tugas di mana saja," Tambah Pangdam I/BB.

Mantan Kapuspen TNI ini juga mengatakan latihan Pratugas Satgas Pamtas RI - RDTL nantinya akan mengajarkan kemampuan taktik dan teknik bertempur, kemampuan pembinaan teritorial, kemampuan intelijen, dan kemampuan hukum sesuai dengan ketentuan.   

"Maka untuk keempat kemampuan tersebut haruslah terintegrasi dengan baik secara perorangan maupun satuan. Sehingga Satgas dari Yonif 132/BS ini dapat berangkat ke daerah operasi dengan kepala tegak, percaya diri, dan tidak ada keraguan dalam berfikir serta bertindak," Ujar Mayjen MS Fadillah sembari mengatakan bahwasanya latihan ini merupakan pembekalan awal dalam rangka meningkatkan profesionalisme satuan prajurit.   

Untuk itu harap Pangdam, Satgas tersebut nantinya dapat selalu perlu menyesuaikan diri dan mempersiapkan diri melalui latihan - latihan pratugas ini, karena di dalam jiwa setiap prajurit perlulah ditanamkan sikap dan tekad bahwasanya tugas merupakan suatu kehormatan yang mulia.   

"Janganlah menyia-yiakan kesempatan yang telah diberikan oleh bangsa dan negara dalam menjaga wilayah NKRI ini, bangun selalu kebersamaan dan hubungan baik dengan pemerintah, institusi maupun masyarakat di daerah tempat kita bertugas," Tegas Pangdam I/BB.   

Diakhir sambutan, Pangdam menyampaikan beberapa penekanan dalam melaksanakan latihan sebelum menjalankan tugas, diantaranya yaitu:   

  • Laksanakan tugas dan pratugas dengan serius dan semangat, serta berdisiplin tempur yang tinggi untuk mewujudkan realisme latihan yang sesungguhnya.   
  • Siapkan mental dan fisik dengan baik, sehingga dapat mengikuti latihan sampai dengan akhir pelaksanaan latihan dan siap diberangkatkan.   
  • Ikuti semua aturan dan petunjuk dari penyelenggara latihan atau pelatih, sehingga sasaran latihan dapat tercapai sempurna.   
  • Hindari terjadinya pelanggaran dan perhatikan faktor - faktor pengamanan di setiap kegiatan, baik personel, materill maupun kegiatan sebelum, selama dan sesudah latihan.   

"Kepada penyelenggara latihan saya berharap agar dapat menumbuhkan semangat dan motivasi peserta latihan sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan penuh semangat dan benar. Kemudian juga ciptakanlah mekanisme latihan yang relevan dengan realisasi di lapangan, sehingga peserta memiliki gambaran situasi operasi di daerah yang sesungguhnya," Tutup Pangdam I/BB sembari mengharapkan kepada penyelenggara latihan agar melaksanakan pengawasan dan koreksi serta jangan ragu untuk mengulang kegiatan yang salah, demi mencapai sasaran yang diinginkan.   

Usai pelaksanaan upacara, Pangdam I/BB langsung mengajak tamu undangan yang hadir yaitu Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M.Fadjar, Bupati Kampar Catur Sugeng, Dandim 0313/Kpr Letkol Inf Aidil Amin, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudistira, untuk memberikan semangat kepada para peserta Satgas Pamtas RI - RDTL Yonif 132/BS dengan berfoto bersama. (/***)

KOMENTAR DISQUS :

Top