Senin, 14 Oktober 2019 |
Politik

Pemerintah Dorong Pembangunan Tiga Bandara di Provinsi Jambi

Senin, 21 November 2016 20:19:40 wib
Menhub RI Budi Karya Sumadi meninjau kondisi Bandara STS Jambi dan Bandara Depati Parbo Kerinci

JAMBIDAILY POLITIK-Pemerintah pusat mendorong dan mendukung pembangunan tiga bandara di Provinsi Jambi.  Ini terlihat dari kunjungan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumad,  ke Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi dan Bandara Departi Parbo Kabupaten Kerinci.

"Saya tadi melihat langsung keindahan alam kerinci yang sagat bagus sekali, ada Danau Kerinci, Gunung Kerinci, Kebun Teh yang sangat luar biasa.  Ini perlu kita kembangkan dengan cara memperbaiki infrastruktur dan Bandara Departi Parbo.  Pemerintah pusat sangat mendorong pembangunannya,"sebut Menhub Budi Karya, Minggu sore 20 Nopember 2016.

Menteri juga sebut Gubernur Zola, sangat gigih dan aktif dengan ide-ide cemerlang dalam memperjuangkan jambi di pemerintah pusat.

"Kita telah membicarakan langsung dengan Bupati Kerinci Adirozal untuk memperbaiki sarana yang ada.  Agar GM Angkasa Pura untuk mengurus bagi wisatawan yang mau keluar negeri dan juga yang ingin kerinci."

Menteri harap Bandara STS Jambi bisa tingkatkan pelayanan dan bisa menjadi contoh bagi Bandara lainnya yang ada di indonesia.

"Bandara STS kecil tapi cantik,"puji Menteri Budi Karya.

Gubernur Jambi H Zumi Zola, menjelaskan, kunjungan Pak Menteri ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan dirinya menghadap Menhub, menjelaskan tentang pengembangan Bandara Departi Parbo Kerinci, Bandara Bungo dan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Dari hasil pembicaraan terdahulu, Pemerintah Pusat siap menambah fasilitas yang ada di tiga bandara ini, tadinya pembangunan 2 terminal di bandara Sulthan Thaha seharusnya pada tahun 2019 akan dibangun, dimajukan pembangunannya pada tahun 2017 dan 2018 akan dibangun 2 terminal baru di bandara Sultan Thaha Syaifuddin ini pada posisi lahan sebelah  kiri terminal 5 ribu meter dan sebelah kanan 5 ribu meter.

"Ini langkah awal untuk menunjang Bandara STS jambi menjadi Bandara Internasional.  Kita harus melengkapi persyaratannya.  Disamping itu jambi harus ada tujuan yang diingikan para wisata, yaitu wisata kerinci, untuk penunjang menuju kerinci ya, itu fasilitas Bandara Departi Parbo harus dibenahi," jelas Zola kepada sejumlah awak media.tutur Zola.

Dari pertemuan dengan Menhub RI tersebut, Zola mengatakan ada dua agenda yang akan dibangun di jambi, yaitu, Pelabuhan dan bandara.

Untuk pertama ini kita fokus pada perkembangan 3 bandara yakni Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Bandara Departi Parbo Kerinci dan Bandara Bungo. Jambi dipandang sangat potensial sekali untuk pengembangan perekonomian secara khusus di sektor Perhubungan.

"Kita juga membahas penambahan maskapai yang akan terbang ke jambi ini.  Sudah banyak maskapai yang bersedia.  Tinggal kita lagi menyiapkan semua fasilitasnya, kita akan buka penerbangan Jambi - solo, Jambi - Bandung dan Jambi - Padang,"papar Zola.

Dia menjelaskan, untuk Bandara Sultan Thaha Jambi diupayakan bertaraf internasional. Sedangkan Bandara Bungo diupayakan peningkatan fasiltas pendukungnya. Sementara Bandara Depati Parbo Kerinci dikembangkan dalam menunjang kabupaten itu sebagai 'branding" pariwisata Jambi.

"Presiden sangat peduli sekali dengan pariwisata, apalagi Kerinci sudah menjadi "branding' pariwisata Jambi. Tentu untuk meningkatkan pariwisata Kerinci pengembangan infrastruktur yg paling tepat adalah bandara,"katanya

Pemeprov Jambi telah menganggarkan dana untuk pembebasan lahan perluasan Bandara Departi Parbo.

"Saya sudah tekankan pada Bupati Kerinci untuk segera menindak lanjuti masalah pembebasan lahan yang sudah dianggarkan pada 2017 mendatang,"pungkasnya.(*)


Penulis    :Sapra Wintani (HMS)
Foto       : Agus S/Rony
Editor     :Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top