Kamis, 21 November 2019 |
Peristiwa

Pemerintah Kota Jambi Gelar Haul Dua Ulama Jambi

Kamis, 17 Januari 2019 14:02:52 wib

JAMBIDAILY Kota Jambi - Pemerintah Kota Jambi kembali akan menyelenggarakan peringatan Haul  dua ulama Jambi yaitu haul Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo  dan haul Habib Husin Bin Ahmad Baragbah. Kegiatan ritual yang juga berupa wisata religi itu sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Jambi sejak beberapa tahun terakhir.

Acara peringatan haul yang akan berlangsung pada hari Sabtu (19/1) tersebut, digelar dengan melibatkan keluarga almarhum (shahibul haul) almarhum Habib Idrus bin Hasan Al-jufri, Rabithah Alawiyah Jambi, serta masyarakat dan pengurus masjid Ihsaniyah tempat puncak peringatan haul.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi, Abu Bakar, mengatakan Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo selain sebagai ulama, beliau juga adalah kerabat dari Kesultanan Jambi. “Jadi sudah sepantasnyalah kita memuliakan orang-orang mulia yang telah berjasa dalam dakwah Islam dan sejarah perjuangan Jambi,” ujar Abu Bakar, (17/1).

Ditambahkannya, peringatan haul yang akan dihadiri Walikota Jambi H. Syarif Fasha, bersama ribuan jamaah yang berasal dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Provinsi Jambi itu, diawali dengan ziarah makam, pembacaan zikir dan maulid, serta puncaknya ceramah agama oleh Alhabib Tohir Bin Muhammad Bin Abdullah Alhadar dari Tarim Hadramaut Yaman, selain itu juga tausiyah akan disampaikan Alhabib Abdusalam Bin Alwi Alhinduan dari Jakarta serta Alhabib Ali Zainal Abidin Bin Abdullah Alkaff Jakarta.

“Acara akan di mulai pagi hari dengan ziarah maqam Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan zikir dan maulid serta ceramah agama ” kata Abu Bakar yang juga sebagai Sekretaris DPW Rabithah Alawiyah Provinsi Jambi.

“Mari kita ramaikan acara ini untuk mendapatkan keberkahan Allah berkat kemuliaan shohibul haul Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri,” tandasnya.
Selain itu sebut dia, besoknya Minggu (20/1) juga akan diadakan haul Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah atau yang lebih dikenal dengan Keramat Tambak.

Kegiatan haul haul dimulai dari pemakaman Keramat Tambang Kelurahan Arab Melayu dan dilanjutkan kegiatan di Masjid Ba alawy.
Kegiatan haul ini sebut Abu Bakar merupakan pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi.(iki)

KOMENTAR DISQUS :

Top