Selasa, 22 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Pemkab Merangin Peringati Hari Lansia

Senin, 15 Juni 2015 12:02:08 wib
Bupati Merangin H Al Haris memberi bantuan untuk para lansia

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kemarin (14/6) memperingati hari Lansia 2015. Acara yang berlangsung meriah itu difokuskan di Biduk Amo Ujung Tanjung Bangko.

Pada acara yang dihadiri para pimpinan satuan kerja perangkat daerah, para camat dan para tokoh masyarakat Merangin tersebut, Bupati Merangin H Al Haris mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai jasa orang tua.

‘’Negeri ini tidak akan terbangun tanpa peran orang tua, untuk itu hargai dan hormati para orang tua. Acara ini merupakan ajang silaturahmi dan ajang kagen para lansia di Kabupaten Merangin,’’ujar Bupati.

Acara yang dimulai dengan sarapan pagi bersama itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan para lansia itu, ditutup dengan makan siang bersama. Diagendakan bupati acara tersebut, akan berlangsung rutin sebulan sekali.

Tanpak hadir pada acara yang diwarnai berbagai hiburan menarik tersebut, Wabup H A Khafid Moein, Ketua TP PKK Merangin Hj Hesnidar Haris, Ketua Lembaga Adat Merangin dan para Veteran Kabupaten Merangin.

Pada kesempatan itu bupati minta kepada yang lebih muda untuk selalu melibatkan para lansia dalam berbagai kegiatan. Sebab jika para lansian aktiv dengan berbagai kegiatan akan  terhindar dari kepikunan.

‘’Berdasarkan pengamatan psikologi, para lansia yang sering mambawa mobil atau sepeda motor sendiri akan terhindar dari kepikunan. Hal ini karena saat membawa mobil atau sepeda motor seluruh organ tubuh berfungsi,’’terang Bupati.

Lansia juga diajak bupati, jangan banyak pikiran, jaga kesehatan, pola makan dan perbanyak ibadah mengabdi kepada Allah SWT. Diusia senja itu pinta bupati, harus saling menjaga akidah. Berdoa untuk negeri Merangin akan selalu sejaktera.

Di penghujung sambutannya, bupati memberikan bingkisan kepada enam orang perwakilan lansia yaitu, Sismoyo (81) dari Margoyoso, Halimah (81) dari Nalo Gedang, Bahria (80) dari Pangkan Jambu, Ansori Dani (75), Aminah (74) dan Nursaligani (74) dari Kecamatan Bangko.

Ketua Pengda Lansia Kabupaten Merangin H A Khafid Moein menerangkan saat ini di Kabupaten Merangin telah terdata sebanyak 18 ribu orang lansia. ‘’Hari ini para Lansia yang hadir ada sekitar 100 orang,’’terang Wabup.

Wabup sangat mendukung dilakukan acara silaturahmi dengan para lansia Merangin sebulan sekali, selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai ajang untuk cek kesehatan, karena acara itu mendatangkan tim medis. (jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top