Kamis, 21 Maret 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Pemkot Jambi Luncurkan KIA bisa untuk Mendaftar BPJS, Ini Penjelasan Syarif Fasha

Selasa, 19 Februari 2019 20:45:05 wib

JAMBIDAILY KOTAJAMBI - Kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) kini tak lagi menjadi dominasi orang dewasa, melainkan wajib juga dimiliki oleh anak-anak dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA).

Secara resmi peluncuran KIA di Pemerintah Kota Jambi ditandai dengan penyerahan KIA oleh WaliKota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME kepada pelajar SD Xaverius yang terletak di kawasan Puncak, Jelutung (Selasa,19/2/2019).

WaliKota Jambi mengatakan bahwa penerbitan KIA berdasarkan ketetapan Permendagri No 02 tahun 2016 yang mewajibkan setiap anak memiliki KIA. Tujuannya adalah dalam rangka memberikan perlindungan terhadap setiap warga negara tanpa diskriminasi.

“Jika sebelumnya kepemilikan KTP hanya diberlakukan bagi warga yang berusia di atas 17 tahun, tetapi sekarang yang usianya dibawah itupun wajib memiliki KTP yang disebut Kartu Identitas Anak (KIA). Yang membedakan ialah fungsinya, dimana mereka yang memiliki KIA belum mempunyai hak pilih pada saat Pemilu,” Tutur Fasha.

Lanjut Fasha, keberadaan KIA hampir sama dengan KTP sebagai kartu identitas yang mencantumkan nama, tempat tanggal lahir alamat dan golongan darah. Pembedanya KIA tercantum nama orang tua anak pemegang KIA dan warna dasar kartu adalah merah muda.

“KIA ini hanya berlaku untuk anak-anak berusia antara 6 hingga 16 tahun. Fungsinya sama dengan e-KTP yang terintegrasi secara nasional,” terangnya.

Fasha menambahkan, adapun manfaat kepemilikan KIA, sebagai bentuk pemenuhan hak anak sebagai warga negara Indonesia, untuk persyaratan mendaftar sekolah dan untuk keperluan data identitas membuka tabungan atau menabung di bank.

"Selain itu akan bermanfaat untuk mendaftar BPJS, pembuatan dokumen Keimigrasian dan yang terpenting untuk mencegah terjadinya perdagangan manusia atau trafficking," Pungkasnya.

 

(Rd.Wahyudi)

KOMENTAR DISQUS :

Top