Jumat, 23 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Pergelaran 'Cahaya Tanah Pilih' Penyandang Difabilitas Mampu Sedot Perhatian Penonton

Senin, 22 Juli 2019 18:21:13 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Telah berlangsung pergelaran seni dan sastra 'Cahaya Tanah Pilih' dari Sanggar Seni Granada, Bertempat di Tugu Keris Siginjai Jambi, Kotabaru Kota Jambi, Sabtu (20/07/2019) malam.

Acara yang dimulai pukul 19.30 tersebut diawali dengan pembukaan tari sekapur sirih. Dilanjutkan dengan opening art persembahan kolaborasi dari Jambi Parkour Community & Teater Wong Gerut. Pertunjukan tersebut berakhir dengan kain merah putih yang dibentangkan. Lalu paduan suara oleh Gita Sangkakala Netco. 

Kemudian kata sambutan dari pak Adi Kurniadi, SE selaku ketua umum pelaksana dan ketua sanggar seni granada, lalu menuju ke acara sesungguhnya, penampilan dari anak-anak penyandang disabilitas. Dimulai dari Dimas (Tuna Daksa) yang menyanyikan lagu Jangan menyerah D'Masive. Dilanjutkan dari penampilan tari india dari penyandang down sindrome serta kolaborasi musikalisasi puisi. 

Lalu proses yang sangat panjang diwujudkan melalui pergelaran teater tradisi yang menceritakan kisah Rang Kayo Hitam. Diperankan oleh penyandang difabilitas juga dengan tarian dari teman-teman tuna rungu.  

Terakhir pada puncak acara, ditampilkan pergelaran berjudul Cahaya Tanah Pilih. Dipadukan dengan penampilan pantomim dengan tokoh utama Nia. 

Pergelaran ini menceritakan kisah seorang gadis yang mendapat perlakuan perundungan karena keterbatasannya. Akan tetapi dia tidak menyerah untuk bisa menggapai cita-cita. Pertunjukan diakhiri dengan penampilan koreo kolosal seluruh pengisi acara (flash mob) dengan lagu berjudul Cahaya Tanah Pilih karya Medi Saputra. Dinyanyikan oleh Sessario dan Valen dari sanggar seni rasi, berkolaborasi dengan palembang mime club. 

Turut hadir menyaksikan Ibu Sri Purnama, Bapak Eri Argawan, Bapak Yarmalus (perwakilan kantor bahasa) dan Perwakilan pemerintah kota Jambi. Acara sukses ini terselenggara berkat inisiatif kawan-kawan yang tergabung dalam Duta Bahasa Jambi. 

Dengan niat awal sejak awal tahun 2019 untuk meningkatkan geliat literasi anak-anak berkebutuhan khusus yang dikemas dalam program "GEMAS" Gerakan Literasi Bersama Anak Spesial.
 
Pendukung selaku Tim kreatif: Medi Saputra, Husni Thamrin, Adi Kurniadi, Evi Lestari. Panitia duta bahasa yang menginisiasi program GEMAS yaitu Rizki Junando dan Adinda Tungga Dewi.

(Hendry/Rilis)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top