Jumat, 06 Desember 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Jambi

Minggu, 10 November 2019 13:23:10 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019 dilaksanakan di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (10/11) pagi. Inspektur Upacara (Irup) adalah Asisten Sekda Provinsi Jambi Bidang Pemerintahan (Asisten 1), Apani Saharuddin. Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto dan unsur Forkopimda tingkat Provinsi Jambi, para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, TNI dan Polri, perwakilan dari mahasiswa dan pelajar mengikuti upacara tersebut.
 
Kutipan dari para tokoh tentang perjuangan pahlawan dibacakan oleh Kerua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto.
 
Selaku inspektur upacara, Asisten 1 Sekda Provinsi Jambi membacakan amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P.Batubara. Dalam amanat tersebut dinyatakan bahwa kemerdekaan negara Indonesia dicapai melalui perjuangan dan pengorbanan yang luar bisa dari para pendahulu negeri, dan dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan seluruh komponen masyarakat Indonesia akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan.
 
Dealam amanat Mensos tersebut juga dikemukakan, agar melalui Peringatan Hari Pahlawan, semangat inovasi dibangkitkan, supaya anak-anak bangsa menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini.” Dan, menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.
 
Selanjutnya ditekankan bahwa Hari Pahlawan bukan hanya bersifat seremoni semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. “Marilah kita terus-menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” ujar Mensos. (Mustar, foto: Adi, video: Said Usman/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top