Kamis, 23 Januari 2020 |
Wisata & Budaya

Peringati HLUN ke11/2017, H Al Haris dan Mensos Ajak Angkat Harkat dan Martabat Lansia

Senin, 15 Mei 2017 20:42:38 wib
Bupati Merangin H Al Haris, Mensos RI dan Gubernur Jambi ft bersama dalam rangkaian HLUN ke-11/2017

JAMBIDAILY BUDAYA-Kabupaten Merangin dibawah pimpinan Bupati H Al Haris bersama Wakil Bupati (Wabup) H A Khafid Moein, Senin (15/05), sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-11.

Acara yang difokuskan di pelataran komplek Islamic Center Merangin tersebut, berlangsung meriah dan spektakuler.

Acara yang dihadiri Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa itu, diikuti sekitar 800 orang lanjut usia (Lansia).

Selain Mensos dan rombongan kementerian, juga hadir Gubernur Jambi H Zumi Zola bersama ibu, Wakil Gubernur Jambi H Fahrori Umar bersama ibu, Bupati Merangin H Al Haris bersama ibu, Sekda H Sibawaihi bersama ibu serta para bupati/walikota se-Provinsi Jambi.

‘’Rangkaian HLUN mulai dilaksanakan pada April sampai Mei ini. Banyak kegiatan sosial kita lakukan untuk para Lansia kita. Pada tahun ini, HLUN kita laksanakan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi,’’ujar Mensos.

Pada HLUN itu, Mensos menyerahkan sederetan bantuan untuk para lansia di Tanah Air. Dianaranya bantuan bedah rumah Lansia untuk Kabupaten Jombang sebanyak 15 unit, Kabupaten Toli Toli sebanyak 20 unit, Kabupaten Masuji sebanyak 20 unit, Kabupaten Benteng sebanyak 15 unit dan Kabupaten Merangin sebanyak 25 unit.

Selain bantuan bedah rumah, Memsos juga menyerahkan bantuan Paket Sembako, kaca mata, buku doa, alat musik rebana dan bantuan lainnya kepada Lansia di Kabupaten Merangin. Mensos juga meresmikan Senam Taichi sebagai senamnya lansia.

Menariknya pada acara HLUN tersebut, Mensos mengajak Gubernur Jambi, Wagub Jambi, Bupati Merangin dan rombongan Kementerian naik ke panggung memainkan alat musik rebana. ‘’Melalui rebana kita bisa bersyalawat mengisi acara-acara penting,’’jelas Mensos.

Gubernur Jambi H Zumi Zola mengatakan, Mensos paling sering turun ke Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu ke Merangin untuk acara Keluarga Harapan, ke Batanghari resmikan panti rehabilitasi Narkoba, ke Sarolangun acara Suku Anak Dalam dan sekarang ke Merangin lagi acara HLUN.

‘’Kita sangat berterimakasih sekali kepada Ibu Menteri yang sering-sering ke Jambi memberikan bantuan. Pada acara ini hadir ratusan Lansia, keberadaan mereka sangat penting, karena tanpa ada Lansia Bapak Bupati dan Gubernur tidak dapat melakukan pembangunan,’’terang Gubernur.

Bupati Merangin H Al  Haris juga mengatakan hal yang sama. Pada acara HLUN tersebut jelas bupati hadir Lansia bernama Salmah berusia 126 tahun dan para lansia lainnya yang usianya lebih dari 100 tahun.

‘’Hormati dan angkat derajat dan martabat para Lansia kita, sehingga terwujud hidup bermartabat di usia senja, Lansia sejahtera. Saya berterimakasih kepada Ibu Mensos yang telah mempercayai Merangin sebagai tuan rumah HLUN,’’ujar Bupati.

Sebelumnya pada pagi hari, Mensos bersama gubernur dan bupati Merangin serta rombongan, mengunjungi pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sialang Kecamatan Pamenang.

Di pemukiman SAD yang tidak layak huni itu, Mensos meresmikan ‘Rumah Pintar’ untuk anak-anak SAD. Pada kesempatan tersebut, Mensos menginginkan anak-anak SAD harus pintar dan bersekolah.(*)


Laporan   : Teguh (HMS)

KOMENTAR DISQUS :

Top