Selasa, 25 September 2018 |
Ekonomi

Poktan Suka Maju Sebut PT Kaswari Memanipulasi Data Plasma

Minggu, 12 Agustus 2018 15:58:32 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY MUARASABAK - Konflik Kelompok Tani (Poktan) Suka Maju di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), yang menuntut kewajiban perusahaan perkebunan PT Kaswari menyediakan lahan plasma 20 persen untuk masyarakat, hingga kini belum ada titik temu kesepakatan. Poktan Suka Maju menduga PT Kaswari telah melakukan manipulasi data.

Hal itu disampaikan Muhamad selaku Ketua Poktan Suka Maju mengungkapkan bahwa sebelumnya, pernah ada nota kesepakatan antara PT Kaswari dengan Poktan Suka Maju untuk Hak Guna Usaha (HGU). Namun, nota kesepakatan itu dimanipulasi perusahaan sebagai data pembangunan plasma yang pada kenyataannya plasma tersebut fiktif.

"Dalam data mereka telah merealisasikan pembangunan plasma sementara kenyataannya, plasmanya belum ada mas. Dan, menurut BPN sudah ada foto lokasi plasma artinya, perusahaan sudah menunjukan peta lokasi plasma nah, itu yang kita kejar," kata Muhamad kepada jambidaily.com saat dikonfirmasi via seluler Minggu (12/8/2018).

Menurutnya, hasil mediasi yang dilakukan Pemkab hingga kini belum ada ditemukan titik temu kesepakatan antara masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Suka Maju dengan pihak perusahaan PT Kaswari.

"Pada pertemuan dengan Pemkab Jumat (10/8) kemarin
belum ada titik temu dan intinya, masyarakat masih menunggu yang dijanjikan pemkab. Sesuai yang disampaikan dalam kesimpulan selambat lambatnya 3 bulan apabila, dalam waktu 3 bulan plasma tidak juga terealiasi maka, masyarakat akan menduduki lahan dan mengapling lahan kaswari tersebut," tegasnya.

Penulis : Hendri Rosta
Editor : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top