Minggu, 18 Agustus 2019 |
Hukum

Polisi:"Waspadai" Paham ISIS di Tanjabtim, Ini Tanggapan Kemenag

Kamis, 09 Juli 2015 04:14:57 wib
pemetaan wilayah ISIS (yahoo.com)

JAMBIDAILY MUARASABAK-Sejauh ini, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum ditemukan adanya penyebaran paham ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) melalui organisasi Islam maupun lainnya.

“Sepertinya belum ada penyebaran paham ISIS di Tanjabtim. Kesimpulan ini kami ambil sementara, karena sampai saat ini belum ada laporan dari KUA yang ada disetiap kecamatan maupun PPAH soal hal itu,”klaim Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanjabtim melalui Humas Kementerian Agama Tanjabtim, Abdul Aziz, kemarin, ketika dikonfirmasi.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, untuk pihak Polres Tanjabtim, kendati di Tanjabtim paham ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) belum terdeteksi keberadaannya, jajaran Polres Tanjabtim tetap mengantisifasi agar paham ISIS tidak bercokol di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

“Pencegahan menyebarnya paham ISIS di Tanjabtim tetap kami lakukan,” kata Kapolres Tanjabtim, AKBP Bambang Heri Sukmajadi, SH, SIK, melalui Kasat Intel, AKP Suwanto.

Upaya pencegahan masuknya paham ISIS di Tanjabtim terang mantan Kapolsek Dendang ini, pihaknya akan memantau organisasi-organisasi yang ada di Tanjabtim, terlebih organisasi radikal.

“Paham ISIS intinya menyusup ke masyarakat melalui organisasi radikal, ini yang patut kami awasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, rekrutmen ISIS dengan dalil jihad juga menjadi modal mereka, terlebih masyarakat yang ekonominya lemah.

“Untuk Tanjabtim, ekonomi masyarakat cukup baik, namun kami tetap waspada dan melakukan pencegahan,” ucapnya.

Solusi lain yang dilakukan pihak Polres Tanjabtim untuk mencegah masuknya paham ISIS ke masyarakat, yakni dengan bertatap langsung ke masyarakat.  Caranya, tiap anggota diperintahkan mendatangi 4 kepala keluarga setiap bulannya.

“Cara ini cukup efektif dan akan lebih cepat untuk mencegah masuknya paham ISIS,” ujar Suwanto.(jambidaily.com/FNI)

KOMENTAR DISQUS :

Top