Selasa, 19 November 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ berikan tindakan medis pada warga Dusun Haulata

Sabtu, 12 Oktober 2019 14:02:03 wib

JAMBIDAILY BELU - Tim kesehatan Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ memberikan tindakan medis awal kepada Bpk. Yosep Haleh yang merupakan warga Dusun Haulata Desa Lutharato Kec Lamakanen Selatan Kab Belu NTT.

Hal ini sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (11/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, peristiwa itu terjadi ketika personel Pos Fohululik Satgas Yonif Raider 142/KJ dalam perjalanan kembali dari kegiatan anjangsana ke rumah warga di Dusun Fohululik Desa Lutharato Kec. Lamakanen Selatan Kab. Belu NTT.

"Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kopda Danu Brata beserta 3 personil lainnya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, 1 personel kesehatan disiagakan pada setiap kegiatan, hal ini dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, masyarakat memilih berobat ke pos-pos yang berada di perbatasan karena mudah diakses oleh masyarakat dengan jarak yang dekat dari kediaman mereka," imbuhnya.

Seperti yang dialami Bpk. Yosep Haleh, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, personel Pos Fohululik saat itu mendapatkan laporan dari Bpk. Jordi (42) yang merupakan anak dari Bpk. Yosep Haleh yang memberitahukan bahwa ayah beliau mengalami sakit selama tiga hari.

Kopda Danu Brata yang merupakan tenaga kesehatan Pos Fohululik dengan sigap langsung memberikan pertolongan pertama, yang dilaporkan kondisinya tidak dapat bicara dan tidak dapat bergerak karena kaku dan lemas.

Hasil pemeriksaan awal terhadap kondisi Bpk. Yosep Haleh (72) bahwa ia menderita gejala stroke ringan.

Menurut pengakuan dari Bpk. Jordi, ayahnya mengalami sakit demam disertai badan terasa ngilu, pada saat sore kondisi ayahnya makin memburuk sehingga ia berinisiatif untuk melaporkan keadaan ayahnya kepada personel pos yang sedang melintas.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh personel kesehatan Pos Fohululik, Bpk. Jordi bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas.

"Puji Tuhan, terima kasih bapak atas bantuannya semoga bapak saya dapat sembuh dengan cepat, kami khawatir sekali melihat kondisinya seperti ini," ucapnya.

Kopda Danu Brata, atas nama Satgas Pamtas mengatakan apabila ada warga yang sakit kami akan selalu siap melaksanakan pelayanan kepada warga masyarakat.

"Penanganan yang cepat dan tepat serta selalu siap sedia merupakan pedoman kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, karena itu merupakan tugas dan tanggung jawab kami," tandasnya.

KOMENTAR DISQUS :

Top