Minggu, 15 Desember 2019 |
Ekonomi

Program Percetakan Sawah Dipangkas, Petani Diminta Sabar

Selasa, 12 Juli 2016 21:57:24 wib
Petani Padi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Petani padi sawah Kabupaten Batanghari harus bisa bersabar, karena program pusat cetak sawah baru 2016 dipangkas.

Dari lahan pertanian mereka yang sudah terdata dalam program cetak sawah baru dari pemerintah pusat seluas 500 hektar tahun 2016 bakal dikurangi menjadi 350 hektar.

"Itu dikarenakan adanya penghematan anggaran Kementan lebih kurang sebesar Rp 3,92 triliun untuk RAPBN-P 2016. Maka cekat sawah baru di wilayah Batanghari tahun 2016 yang sebelumnya seluas 500 hektar, kini hanya seluas 350 hektar saja,"papar Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Batanghari, Budi Narso SP melalui Kabid Sarana dan Prasarana pada Dinas Pertanian, Ir Darwin Nasution, Selasa 12 Juli 2016.

Namun lokasi yang tidak jadi dibangun tahun ini, akan diprioritaskan oleh pemerintah pada tahun 2017 mendatang.

"Lahan yang sudah terdata namun tidak jadi dibangun sawah baru tahun ini, tetap akan dibangun pada tahun depan. Soalnya janji Kementan akan diprioritaskan di tahun depan," terang Darwin.

Dari informasi yang didapat ada dua kegiatan Kementan yang dikenakan pemotongan anggaran, yaitu pengembangan kedelai dan pencetakan sawah baru. Selain ada sembilan sektor lain yang akan dikembangkan.

"Para petani yang lahannya sudah terdata tahun ini, namun belum bisa direalisasikan pembangunannya,diharapkan untuk bersabar,"himbaunya.(*)


Penulis   : Syahreddy
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top