Sabtu, 23 Juni 2018 |
Ekonomi

Provinsi Jambi Raih Penghargaan ISNA 2018 'Best Smart Economy Category Smart Province'

Jumat, 04 Mei 2018 20:44:09 wib

JAMBIDAILY EKONOMI - Provinsi Jambi meraih penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 yang dilaksanakan di Nusantara Hall, ICE-BSD, Tangerang Selatan, Kamis (03/05). Penghargaan ISNA 2018 kategori Best Smart Economy diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang diterima oleh Kepala Bidang Ekonomi, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Katamso,SE,ME sebagai wakil dari Pemerintah Provinsi Jambi. 

ISNA diselenggarakan dari semangat mengkampanyekan praktek pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia, khususnya di tingkat Kota, Kabupaten dan Provinsi mulai dari sisi tata kelola, citra daerah, dampak pembangunan ekonomi, kelayakan hidup, masyarakat yang cerdas, hingga pengelolaan aspek lingkungan hidup yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah di Indonesia. 

Tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga diselenggarakannya ISNA yang dimotori oleh Citiasia Inc. Provinsi Jambi meraih Best Smart Economy untuk kategori Smart Province dari 7 kategori yang ada, dengan menyisihkan 2 nominasi lainnya, yaitu: Provinsi Maluku dan Provinsi Sulawesi Tengah, sedangkan 6 kategori lainnya adalah: Best Smart Readiness, Best Smart Governance, Best Smart Branding, Best Smart Living, Best Smart Society, dan Best Smart Environment, dimana masing masing kategori terdiri dari 3 kota, 3 kabupaten, dan 3 provinsi yang masuk nominasi. 

Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 sampai tahun 2017. Juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah dilebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional, yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017, sedangkan proses penjurian dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 di Jakarta. 

Untuk Provinsi Jambi sendiri, yang menjadikan Provinsi Jambi meraih Best Smart Economy, dinilai dari beberapa parameter, yaitu: pertumbuhan ekonomi, laporan hasil pemeriksaan BPK RI, potensi desa, data dari Bank Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. 

Disamping 7 kategori tadi, Citiasia Inc memperkenalkan kategori baru dalam ISNA 2018, yaitu Kategori Special mention. Kategori Special Mention diberikan kepada daerah yang dinilai memiliki inovasi, gagasan, atau pencapaian yang baik terkait pelaksanaan fungsi pelayanan publik dan Pemerintahan Daerah dalam mendorong terjadinya perbaikan kualitas hidup masyarakatnya. 

Ada 8 Special Mention yaitu: Most Innovative in Creative Community, Most Innovative in Smart Government Solution, Most Accelerated in Regional Branding, Most Remarkable City Innovation, Most Innovative in Basic Living Service, Most Innovative City Ecosystem, Most Innovative in City Collaboration, dan Most Perform in Smart City Initiative.

Pada tahun 2018 ini, pemberian penghargaan ISNA dilaksanakan ditengah helatan pameran Indobuildtech 2018, yaitu salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur, dan gedung. 

Hadir juga dalam ajang penganugerahan tersebut, Menteri Perdagangan RI, Menteri Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Ketua APEKSI dan para undangan lainnya. (Richi/Mustar/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top