Rabu, 23 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

PWI Jambi Serahkan Secara Simbolis Sertifikat UKW Angkatan V Kerjasama PetroChina KKKS-SKK Migas Sumbagsel

Rabu, 29 Mei 2019 19:03:56 wib
Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR menyerahkan secara simbolis kartu dan sertifikat UKW Utama kepada Asrori (infojambi.com) - foto: Asenk Lee Saragih

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke V yang berlangsung pada November 2018 lalu diserahkan secara simbolis kepada Resmanudin Staff Comdev PetroChina International Jabung, Ltd dan Lasno, Comdev Supervisor PetroChina Jabung mewakili para wartawan yang dikirim PetroChina untuk mengikuti UKW.

Penyerahan secara simbolis juga dilaksanakan pada peserta UKW tingkat Madya dan Utama di Sekretariat PWI Provinsi Jambi Jalan Jakarta Ujung Kotabaru, Kota Jambi, Rabu (29/5/2019).

Pada kesempatan ini, hadir juga Sekretaris Panitia Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke V Tahun 2018  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Renold Isra Putra; Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Hery FR dan Wakil Sekretaris II, Arman. 

Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke V PWI Provinsi Jambi Tahun 2018 tersebut yang dikeluarkan Dewan Pers yakni 33 orang yang terdiri dari Tingkat UKW Utama 11 orang, Tingkat UKW Madya 7 orang dan Tingkat UKW Muda 15 orang.

Tampak peserta mewakili penerimaan, Nining Antero dan M Asrori (Wartawan Utama), Rosenman Manihuruk (Wartawan Madya), Rasman (Wartawan Muda) yang telah dinyatakan Kompetensi pada pelaksanaan UKW angkatan Ke V PWI Provinsi Jambi, 9 s.d 10 November 2018.

"Kami akan terus berkomitmen mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para jurnalis di Provinsi Jambi lewat kerjasama lembaga profesi pers yang diakui Dewan Pers. Peningkatan SDM Jurnalis juga sebagai tanggung jawab moral perusahaan," Ungkap Resmanudin Staff Comdev PetroChina Jabung.

Sementara itu Hery FR mengatakan, secara sederhana bisa disebutkan, tujuan UKW agar seluruh wartawan Indonesia memiliki kompetensi, yang bisa diketahui dengan melakukan pengukuran atau ujian.

“Walaupun yang dilakukan saat ini adalah kompetensi minimal, karena ada media yang membuat tuntutan lebih tinggi bagi wartawannya. Tentu diharapkan semua wartawan kelak akan kompeten, ditunjukkan dengan memiliki sertifikat, seperti juga profesi lain. Ini juga berguna untuk membedakan antara mereka yang sungguh-sungguh berprofesi wartawan, dengan yang hanya berpura-pura menjadi wartawan, padahal tujuannya adalah untuk mendapat keuntungan, khususnya finansial selain privilese (hak Istmewa-red),” ujar Hery FR.

Nining Antero mengucapkan terima kasih kepada PWI Provinsi Jambi dan SKK Migas-PetroChina Jabung yang mendukung pelaksanaan UKW di Jambi. Dia juga berharap agar SKK Migas PetroChina terus memberikan dukungan dalam peningkatan SDM para Jurnalis di Provinsi Jambi.

Adapun tim penguji dari PWI Pusat saat pelaksanaan UKW tersebut, diantaranya Hendro Basuki dan Aat Surya Safaat untuk tingkat Utama, Dr Rajab Ritonga (Tingkat Madya), untuk tim penguji tingkat Muda yakni Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt, Ketua PWI Sumut, Hermansyah dan Kamsul Hasan. Pelaksanaan UKW PWI Provinsi Jambi ini didukung penuh CSR SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Jambi. 

 


(Hendry Noesae)

 

 

 

Berita Terkait:
SKK Migas dan PWI Usai Adakan UKW, 33 Wartawan Jambi Dinyatakan Berkompeten

KOMENTAR DISQUS :

Top