Senin, 21 Oktober 2019 |
Politik

Romi Hariyanto yang Ikut Penjaringan Bacabup di PDIP,?

Rabu, 18 September 2019 18:41:43 wib
JAMBIDAILY TANJABTIM - Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) 2020 mendatang, PDI Perjuangan Tanjabtim laris manis, bahkan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu kini dilirik sejumlah pihak, salah satunya Bupati petahanan, Romi Hariyanto.

Romi Hariyanto, Rabu pagi (18/09/19) mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tanjabtim. Romi ikut mendaftar penjaringan bakal calon Bupati (bacabup) melalui partai politik berlambang kepala banteng bermuncung putih. Pendaftaran bacabub PDIP sendiri baru akan berakhir pada tanggal 20 September 2019 mendatang.

Romi Hariyanto datang bersama wakil Bupati Tanjabtim Robby Nahliyansah, serta sejumlah pengurus DPD PAN Tanjabtim lainnya. Romi yang juga menjabat sebagai ketua DPD PAN Kabupaten Tanjabtim tersebut datang bersama rombongan sekitar pukul 11.00 wib.

Romi datang untuk mengambil formulir pendaftaran serta sekaligus langsung mengembalikannya ke Tim Penjaringan Bacabup PDIP Kabupaten Tanjabtim. Manuver politik Romi ini menimbulkan beragam persepsi dikalangan masyarakat.

Di atas kertas, langkah dan peluang Romi Hariyanto dalam pilbup Tanjabtim 2020 mendatang diperkirakan cukup lebar, sebab PAN Tanjabtim menguasai 17 kursi dari 30 kursi di DPRD Tanjabtim. Sedangkan PDIP sendiri hanya memperoleh 3 kursi di parlemen Tanjabtim.

Saat ditanya alasannya mendaftar penjaringan bacabup PDIP Tanjabtim, Romi mengaku karena alasan selama ini memiliki hubungan emosional yang tak dapat dipisahkan.

"Antara saya dan kawan kawan PDIP itu punya hubungan emosional yang tidak bisa dipisahkan. Dan selama ini kita sudah bekerjasama dalam beberapa hal, dan alhamdulilah wujud kerjasama kita sudah nampak dan ada keberhasilan,"ucapnya.

"Dan saya rasa selama ini untuk sama sama kita ketahui PDI sudah banyak memberi kontribusi bagi pembangunan daerah di kabupaten Tanjung Jabung Timur ini. Jadi saya rasa wajar saya harus masuk dalam jajaran PDI, bisa satu barisan dengan PDI dalam rangka Pilkada di kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tentu harapan kami kawan kawan PDI bisa menerima kami. Insyaallah,"kata Romi Hariyanto kepada awak media seusai menyerahkan formulir pendaftaran penjaringan bacabup PDIP Tanjabtim, Rabu (18/09/19).

Romi menyebut bahwa tidak ada komitmen finansial dalam pendaftaran dirinya di penjaringan bacabup PDIP Tanjabtim tersebut. "Tidak ada komitmen finansial, tapi komitmen tentang program kedepan bagaimana Pemerintah daerah bisa jalan, PAN bisa berjalan, PDIP pun bisa tetap jalan. Mungkin PDIP kedepan bisa lebih besar lagi, seperti itulah komitmen kita,"jelas Romi.

Saat disinggung apakah akan kembali ikut penjaringan ke partai politik yang lain, Romi menyebut ia masih berkonsentrasi ke PDIP terlebih dahulu. "Kalau partai partai lain kita belum tau, untuk sementara kita PDIP dulu,"tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Gatot Sumarto mengatakan, untuk berdiri sendiri mengusung Calon Bupati, PDIP Tanjabtim kurang kaki alias masih kekurangan kursi di parlemen. Oleh karena nya, PDIP Disarankan untuk melobi partai lain.

Gatot menjelaskan, pihaknya tidak bisa memastikan apakah Romi Hariyanto diterima atau tidak untuk bacabup PDIP Tanjabtim, sebab hal tersebut PDIP pusat yang punya wewenang.

"Dari pusat kami cuma ditugaskan untuk menjaring dan menyampaikan hasil penjaringan. PDI dan PAN ada hubungan emosional yang baik sampai saat ini.Tentu dari PDIP sangat berharap PAN tetap bisa 'sharing' dengan PDIP. Kalau hasilnya nanti pusat yang punya kewenangan, "tukas Gatot Sumarto yang saat ini juga duduk sebagai Anggota DPRD Tanjabtim itu.

Penulis: Hendri Rosta /Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top