Jumat, 06 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Satgas Yonif R 142/KJ Berikan Layanan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-RDTL

Rabu, 13 November 2019 10:12:18 wib

JAMBIDAILY BELU  - Personel Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ melakukan penyuluhan kesehatan dan pengobatan Gratis dalam rangka mendukung pembangunan di Desa Umaklaran Kec. Tosifeto Timur Kab. Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terlihat semangat luar biasa dilakukan personel Pos Asulait saat membantu warga masyarakat untuk memberikan penyuluhan kesehatan dan pengobatan Gratis sehingga tercipta sumber daya manusia yang optimal dalam mendukung pembangunan di wilayah perbatasan.

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Sertu Eko Susilo bersama 3 orang personel Pos Asulait lainnya," ungkap Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M (12/11/2019).

"Tidak hanya melakukan penyuluhan, tetapi mereka juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi warga masyarakat," terangnya lebih lanjut.

"Kami berharap dengan kegiatan ini masyarakat akan semakin paham tentang lingkungannya, dan lebih mendahulukan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Yonif R 142/KJ Atambua.

Pada saat musim kemarau, manusia harus lebih teliti dalam menjaga kesehatannya, karena dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat maka akan mudah untuk terserang penyakit.

Pada saat musim kemarau juga, tubuh membutuhkan cairan yang cukup sehingga dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi air putih dengan menjaga pola makan dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

"Masyarakat banyak yang mengalami keluhan seperti demam, batuk, pilek, sakit pinggang, penyakit kulit dan sebagainya yang ditimbulkan akibat cuaca pada saat musim kemarau, kami juga menganjurkan agar masyarakat melakukan penyaringan air minimal 2 kali sebelum memasaknya hingga mendidih, karena air yang akan dikonsumsi oleh warga masyarakat mengandung zat kapur yang cukup tinggi," ungkap Prada Imas selaku Tamtama kesehatan di Pos Asulait.

Penyaringan air yang dilakukan berulang kali akan menghasilkan air yang lebih jernih dan mengurangi zat kapur yang terkandung di dalam nya,  "BETTER TO PREVENT THAN CURE"

Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait berharap keberadaan mereka dapat bermanfaat dalam membantu mengatasi permasalahan sosial masyarakat.

"Kami berharap apa yg kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat, karena masyarakat merupakan ibu kandung TNI," tegasnya.

Terpisah, Bpk. Antonius Mau (46) selaku Kepala Dusun mengucapkan terima kasih atas bantuan ilmu pengetahuan yang telah diberikan Satgas Yonif Raider 142/KJ kepada masyarakat.

"Cara menjaga kesehatan yang baik adalah pelajaran yang sangat berguna bagi masyarakat sehingga dapat kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya. (penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top